KOMENTAR

SALAH satu cara diet yang cukup ampuh adalah dengan berpuasa.  Selain untuk menurunkan berat badan, berpuasa bisa membuat tubuh lebih sehat, karena memperbaiki tekanan darah, kadar kolestrol, dan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Tentunya ini juga sekaligus sebagai detoksifikasi. Setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon endorfin (hormon yang akan membuat merasa bahagia) lebih banyak, sehingga berdampak pada kesehatan mental yang lebih baik.

Namun, mengapa banyak orang yang merasa bertambah berat  badannya padahal sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan?

Mungkin ada yang keliru pada pola makan Anda.  Melansir dari Hallodoc, berpuasa seharian membuat Anda merasa kelaparan. Waktu berbuka, Anda kalap dan bernafsu memakan apa saja. Apalagi banyak panganan takjil yang menggiurkan dan manis-manis.  Padahal, puasa membuat metabolisme tubuh  bekerja lebih lambat dari biasanya.  Artinya, resiko  tersebut membuat Anda lebih berisiko untuk bertambah berat badan.

Sebaiknya perhatikan asupan makanan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yng mengandung karbohidrat saat sahur.  Tidur setelah sahur dapat membuat tubuh menimbun kalori yang baru Anda masukan dalam tubuh.

Namun begitu, puasa adalah beribadah. Niatkan hal tersebut agar tidak salah arah. Jika kemudian tubuh menjadi langsing dan lebih sehat itu adalah bonus.




Susu Kedelai, Benarkah Baik untuk Kesehatan Jika Diminum Secara Rutin?

Sebelumnya

Tips Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Jemaah Haji Wajib Tahu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health