KOMENTAR

MENJALANKAN ibadah puasa, tak hanya menahan lapar dan haus saja. Akan tetapi ada adab yang harus kita perhatikan dan kita jaga.  Adab merupakan norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan.

Sebutan orang beradab sesungguhnya berarti bahwa orang itu mengetahui aturan tentang adab atau sopan santun yang telah ditentukan, dalam hal ini adalah dalam menjalankan ibadah puasa.

Bagi orang yang berpuasa, terdapat beberapa adab yang selayaknya dijalankan.  Seperti adab  wajib,  di mana seorang yang sedang berpuasa senantiasa menunaikan ibadah-ibadah wajib, seperti salat, zakat, dan lainnya. Dan juga  adab sunah, seperti rasa gembira dalam menyambut puasa, bersilaturahmi dengan sanak saudara di hari menuju Ramadhan.

Termasuk adab penting seseorang dalam berpuasa adalah memulai pelaksanaan puasa berdasarkan rukyatul hilal.

Melaksanakan makan sahur juga bagian dari adab, karena banyak keberkahannya.  Nabi Muhammad Saw bersabda: "Semua sahur adalah berkah maka janganlah kamu meninggalkannya sekalipun hanya dengan seteguk air, sesungguhnya Allah dan para malaikatnya mengucapkan salawat kepada orang-orang yang bersahur." (HR. Ahmad dan al-Mundzir).

Tadarus, berzikir, salat sunah, dan sedekah, juga bagian dari adab berpuasa, termasuk menahan diri dari emosi dan tidak memicu  pertengkaran.  Menyegerakan berbuka juga termasuk adab yang sunah saat berpuasa.




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur