KOMENTAR

MENJALANKAN ibadah puasa di hari pertama, biasanya kita akan merasakan tubuh yang lemas dan lesu. Mengapa ya?

Normalnya, tubuh memecah karbohidrat menjadi gula yang digunakan sebagai energi ketika kita beraktivitas.

Tubuh lama-lama kekurangan karbohidrat yang dipecah ketika berpuasa karena tidak adanya nutrisi yang masuk dalam jangka waktu yang terbilang lama.  Itu sebabnya, pada waktu siang hingga sore hari, tubuh berada di titik paling lemah karena banyaknya energi yang  hilang. Akhirnya, tubuh memecah lemak menjadi energi cadangan.

Nah, di hari-hari berikutnya, tubuh akan menyesuaikan dengan perubahan itu.  Melansir halodoc,  tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula saat sedang  puasa, ia akan menghemat pemecahan ini hingga tiba akhirnya waktu berbuka. Tentu saja semua butuh proses, itu mengapa kita merasa lemas pada 3 hingga 4 hari puasa pertama.

Yang perlu diperhatikan, walau tubuh sudah bisa beradaptasi, bukan berarti kita tak menjaga pola makan selama puasa. Justru kita harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh tetap segar dan sehat selama menjalankan ibadah puas sebulan penuh.

Makan secukupnya saat berbuka,  tapi lebih sering, jadi jangan langsung dalam jumlah atau porsi besar. Hal ini dapat membantu metabolisme tubuh kamu agar tetap stabil.

Penuhi juga asupan cairan, Kita bisa membagimya dengan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah ibadah tarawih hingga menjelang tidur malam, dan 2 gelas saat sahur. Hindari soda dan kopi selama sahur.




Penyebab Telat Menstruasi Yang Perlu Diwaspadai

Sebelumnya

Mendinginkan Tubuh Pasien Jadi Salah Satu Langkah Awal Mengatasi Korban Heatstroke

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health