post image
KOMENTAR

TAK selalu dipengaruhi oleh faktor genetik, Moms. Anak-anak bisa bertumbuh tinggi bila asupan kalsiumnya cukup. Apa saja jenis makanan yang tinggi kalsium ?

makanan tinggi protein sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan anak. Selain itu bisa juga memperbaiki jaringan dan mengembangkan otot tanpa lemak. Dikutip dalam Times of India. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya sering diberikan pada anak agar tumbuh tinggi.

1. Telur dan ayam

Protein jadi salah satu nutrisi yang sehat. Keduanya sama-sama mengandung protein yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Protein dikaitkan dengan pertumbuhan jaringan otot tanpa lemak dan membantu perkembangan anak secara keseluruhan.

Telur bisa diberikan dalam beragam olahan, digoreng, direbus atau dijadikan campuran sup dan camilan. Ayam bisa disajikan dalam beragam olahan lauk, sup ayam, ayam goreng, ayam bakar dan bisa dipadukan dengan telur.

2. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran menjadi pilihan sehat untuk meningkatkan perkembangan anak. Makanan ini mengandung zat besi, magnesium, vitamin K, vitamin B, vitamin A dan beberapa mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badan anak.

Sayuran seperti  brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, kacang-kacangan, wortel hingga bit dapat asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuhnya.

Vitamin A juga sangat penting untuk sintesis protein sedangkan vitamin K dapat membantu tingkatkan kepadatan tulang. Berikan sayuran beragam warna agar tetap sehat dan dapat menunjang pertumbuhan tinggi anak.



Tak hanya sayuran, buah-buahan juga dikenal memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Buah-buahan seperti jeruk, semangka, jambu biji serta buah naga dapat membantu tingkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

3. Kacang kedelai

Kedelai bisa jadi makanan pengganti saat si kecil bosan makan ayam atau telur. Ini merupakan sumber protein alternatif yang memainkan peran penting dalam perkembangan tubuh dan juga mempercepat pertumbuhan anak-anak.

Cara termudah memberikan kacang kedelai adalah dengan memberikan olahan kedelai seperti tempe, tahu dan sari kacang kedelai.

4. Gandum utuh

Biji-bijian disebut sebagai sumber protein tinggi, zat besi dan vitamin B. Semuanya dapat meningkatkan perkembangan anak dan tingkatkan metabolisme. Jika Anda ingin menambah tinggi badan anak, maka sertakan gandum utuh atau biji-bijian dalam makanan sehari-hari. Salah satu caranya bisa beralih ke roti gandum, pasta dan juga sereal.

5. Susu
Susu dapat meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak dan membuat tulang lebih kuat. Susu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar lebih kuat. Kalsium, vitamin D dan juga protein adalah zat gizi yang terkandung dalam segelas susu.

Susu bukan menjadi pengganti makan, namun anak-anak perlu dilengkapi dengan konsumsi susu. Pastikan dalam sehari si kecil menikmati minimal dua gelas susu.(F)

Dahsyatnya Suplemen Minyak Ikan Bagi Pria

Sebelumnya

Waspada Penyakit Kawasaki Seperti Yang Dialami Anak Selvi Kitty, Kenali Gejalanya Segera !

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World