post image
Halal Incorp
KOMENTAR

DI era digital ini, tidak sedikit orang yang dimudahkan dengan berbagai teknologi. Salah satu kemajuan teknologi adalah dengan e-commerce alias transaksi jual-beli secara elektronik.

Dalam beberapa waktu terakhir, industri e-commerce berkembang sangat pesat di Indonesia. Bukan hanya di kota besar, tren belanja secara online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, seiring kemudahan layanan yang diberikan oleh pelaku e-commerce.

Masyarakat menilai berbelanja melalui dunia maya menjadi lebih murah dan aman. Mereka tinggal menggunakan ponsel atau desktop dan duduk manis di rumah atau tempat kerja untuk memesan barang apapun. Tak lama kemudian, barang yang dipesan pun akan diantarkan ke tempat tujuan.

Menurut data Asosiasi E-Commerce Indonesia, pertumbuhan pesat e-commerce mencapai  49% sejak 2015. Selain karena geografis pasar yang cukup luas, masyarakat Indonesia juga menjadikan internet sebagai penopang aktivitas sehari-hari mereka, mulai transportasi sampai aktivitas belanja online.

Bahkan jumlah online shopper di Indonesia terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Di tahun 2018 saja diperkirakan 11,9% dari total polulasi di Indonesia merupakan pembelanja online.

Apa itu e-commerce?

Arti e-commerce (Electronic Commerce)  didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.

Secara sederhana pengertian e-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet.

Jumlah pengguna internet dan penggunaan smartphone dengan akses internet yang terus meningkat memberikan efek positif pada nilai transaksi e-commerce di Indonesia.

KOMENTAR ANDA