Ilustrasi minyak untuk menggoreng/Unsplash
Ilustrasi minyak untuk menggoreng/Unsplash
KOMENTAR

MINYAK goreng merupakan salah satu bahan pangan makanan yang sering digunakan untuk memasak.

Pilihan jenis minyak goreng yang tepat sangat penting. Namun, tahukah kamu, mengonsumsi makanan yang mengandung minyak goreng berlebihan dapat memicu penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Saat minyak goreng terpapar suhu panas berulang kali, minyak dapat mengalami oksidasi dan menghasilkan radikal bebas, yang berpotensi merugikan kesehatan. Mengganti minyak goreng dalam diet dengan pilihan yang lebih sehat dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk mencari alternatif sehat pengganti minyak yang dapat kamu pertimbangan dalam diet sehari-hari seperti:

Minyak Zaitun

Minyak yang di hasilkan dari buah zaitun ini adalah salah satu alternatif sehat yang sering direkomendasikan sebagai penganti minyak goreng. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung senyawa antioksidan membantu mencegah kolesterol jahat dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Minyak Kelapa

Minyak yang diperoleh dari daging buah kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (MCT) diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Minyak kelapa juga dapat meningkatkan pembakaran kalori serta memberikan energi tambahan.

Minyak Wijen

Minyak wijen yang diekstrak dari biji wijen memiliki rasa khas dan kaya akan lemak baik, antioksidan serta nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menambahkan minyak wijen dalam masakan tidak hanya memberikan cita rasa yang khas tetapi juga manfaat kesehatan yang baik.

Minyak Kanola

Rendah akan lemak jenuh dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal minyak kanola menjadikan pilihan sehat untuk menggantikan minyak goreng dalam diet sehat. Dengan rasa yang tidak mencolok, minyak kanola dapat digunakan dalam beberapa jenis masakan tanpa mengubah cita rasanya.

Minyak Almond

Minyak nabati yang diekstrak dari biji almond kaya akan vitamin E dan antioksidan lainnya. Penggunaan minyak almond membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan komposisi yang pas, minyak almond dapat digunakan untuk diet seimbang.

Selalu perhatikan takaran penggunaan minyak saat memasak dan konsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health