Ilustrasi sakit punggung/Freepik
Ilustrasi sakit punggung/Freepik
KOMENTAR

SEBAGIAN besar dari kita pernah mengalami sakit punggung. Keluhan ini menimbulkan rasa nyeri dan tegang yang terjadi di berbagai area tubuh seperti leher, lengan, bahu, dan tulang belikat sering kali disertai dengan sakit kepala.  

Sakit punggung yang parah dapat menurunkan kualitas hidup dan membuat aktivitas fisik menjadi terbatas hingga menyebabkan masalah kesehatan serius.

Kondisi ini disebabkan karena terlalu banyak melakukan kegiatan yang membebani punggung, berlebihan melakukan olahraga, ataupun postur tubuh yang salah. Selain itu, cedera tulang belakang atau kelainan struktur tulang belakang juga dapat menjadi penyebabnya.

Nyeri punggung bisa menyerang  pada usia produktif maupun anak-anak. Oleh karena itu, ketahui beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah sakit punggung dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Perhatikan Postur Tubuh

Untuk mencegah nyeri punggung dan nyeri di bagian tubuh lainnya akibat posisi duduk yang salah, periksa apakah posisi duduk kita sudah benar. Postur tubuh yang baik sangat penting untuk mencegah sakit punggung, pastikan punggung tetap tegak dan kaki lurus menyentuh lantai untuk mencegah bungkuk.

  • Hindari Mengangkat Barang Berat

Mengangkat barang dengan cara yang salah dapat menyebabkan cedera punggung. Sebagai contoh, saat mengangkat barang yang berat, mulailah dengan posisi tubuh yang benar dan jangan ragu untuk meminta bantuan untuk mencegah cedera.

  • Atur Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup berpengaruh pada kekuatan tulang punggung. Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi akan membantu memulihkan dan memperkuat tulang belakang.

Oleh karena itu, pemilihan makanan yang kaya nutrisi dan seimbang sangat penting. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

  • Rutin Berolahraga 

Manfaat olahraga salah satunya dapat mencegah sakit punggung namun jika dilakukan secara berlebih justru bisa memicu sakit punggung terjadi. Olahraga teratur membantu memperkuat otot-otot punggung dan perut, sangat penting untuk menopang tulang belakang sekaligus menjaga berat badan ideal.

Kelebihan berat badan juga dapat memicu sakit punggung karena mempengaruhi otot-otot sehingga menimbulkan ketegangan.

Tips-tips tersebut dapat membantu kita mencegah sakit punggung terjadi. Jika mengalami sakit punggung yang berkepanjangan, konsultasikan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang profesional.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health