Ilustrasi susu kedelai/Unsplash
Ilustrasi susu kedelai/Unsplash
KOMENTAR

SUSU merupakan minuman yang disarankan para ahli kesehatan mengingat berbagai manfaat yang dimilikinya.

Bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi susu berbasis hewani karena alergi, bisa mengonsumsi susu kedelai (soya milk) sebagai alternatif pelengkap nutrisi. Susu kedelai memiliki kandungan gizi dan mineral yang cukup. Sama seperti yang terdapat dalam kacang kedelai.

Terbuat dari sari kacang kedelai, susu kedelai dikenal sebagai salah satu susu dengan kandungan protein nabati yang baik untuk dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk mencegah beberapa penyakit.

Manfaat Susu Kedelai

  • Menurunkan Kolesterol

Kandungan protein dari asam amino yang terdapat dalam susu kedelai berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi dikarenakan adanya kandungan isoflavon yang dapat menstabilkan tekanan darah.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut informasi dari Healthline, susu kedelai juga memiliki manfaat terhadap sistem kardiovaskuler atau peredaran darah. Bahan pangan nabati yang kaya akan kalium juga berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan ritme jantung tetap stabil. Kalium membantu menjaga kemampuan jantung untuk memompa darah dengan efisien.

  • Mengontrol Berat Badan

Miliki kandungan kalori yang lebih rendah susu kedelai mampu mengontrol berat badan dibanding dengan susu hewani, hal ini Jika disertai dengan menjaga pola makan sehat dan seimbang. Protein dan serat yang tinggi pada kedelai mampu meningkatkan rasa kenyang sehingga mampu menjaga pencernaan.

  • Membantu Mencegah Osteoporosis

Sama seperti susu hewani kandungan kalsium yang tinggi dalam susu kedelai dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang yang sering terjadi pada usia lanjut.

  • Membantu Masalah Anemia

Susu kedelai juga dipercaya dapat membantu mengatasi anemia karena mengandung kalsium dan zat besi. Kandungan zat besi dalam susu kedelai dapat mendorong produksi sel darah merah, yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah secara keseluruhan. Dengan demikian, susu kedelai dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan secara keseluruhan.

Konsumsilah susu kedelai sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika terasa ada alergi, konsultasikan segera dengan dokter.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health