Ilustrasi penderita asma/Unsplash
Ilustrasi penderita asma/Unsplash
KOMENTAR

ASMA adalah gangguan saluran sistem pernapasan yang menyebabkan penyempitan dan peradangan hingga membuat penderitanya kesulitan bernapas. Penyakit asma dapat diderita berbagai kalangan baik tua maupun muda.

Diketahui bahwa saluran pernapasan pada pengidap asma lebih sensitif dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki asma.

Ketika paru-paru teriritasi, saluran pernapasan menyempit membatasi aliran udara yang masuk ke paru-paru. Kondisi inilah membuat penderita asma sering mengalami sesak napas ditambah batuk apabila terpapar asap rokok, debu, bulu binatang, atau kondisi lain yang dapat memicu iritasi paru-paru.

penyebab asma belum diketahui pasti namun ada beberapa faktor menjadi pemicu gejala penyakit ini.

Berikut ini faktor pemicu penyakit asma, dikutip dari berbagai sumber.

1. Faktor Lingkungan

Lingkungan sekitar dapat menjadi faktor penyebab asma. Lingkungan dengan polusi yang tinggi dan kelembapan yang berlebih dapat meningkatkan risiko asma, hingga saluran pernaasan terganggu dan menyebabkan sesak napas.

2. Berlebihan Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik berlebihan menjadi salah satu faktor pemicu datangnya asma. Saat melakukan aktivitas fisik yang berat dan berlebihan tubuh kemungkinan akan bernapas melalui mulut untuk mendapatkan lebih banyak udara. Hal ini bisa memicu asma karena udara yang masuk tidak tersaring dengan baik.

3. Faktor Psikologis

Faktor psikologis seperti stres dan emosi berlebih dapat memicu serangan asma pada beberapa pengidap. Saat sedang stres laju pernapasan akan meningkat, sehingga dapat menimbulkan sesak napas yang berat.

4. Gaya Hidup dan Kondisi Kesehatan

Baik perokok aktif maupun perokok pasif berpotensi mengalami kerusakan saluran pernapasan serta meningkatkan risiko peradangan dan asma. Selain merokok, kondisi kesehatan seperti obesitas dapat juga meningkatkan asma  lantaran penderitanya memiliki kadar hormon adipokin tinggi yang dapat memicu terjadinya peradangan saluran pernapasan.

5. Infeksi Pernapasan

Virus atau bakteri ini dapat memicu serangan asma. Infeksi virus seperti flu, pilek, dan sinusitis sering menyerang anak-anak. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan di saluran pernapasan lalu memperburuk kondisi asma yang sudah ada.

Mencegah asma sulit dilakukan karena penyebab pastinya belum diketahui. Namun ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan asma, antara lain:

  • Menjalani pengobatan asma di bawah pengawasan dokter
  • Menghindari pemicu munculnya gejala asma
  • Mengurangi stres
  • Menjaga pola makan yang baik, khususnya untuk pengidap obesitas
  • Menjaga pola hidup sehat

Jangan lupa, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health