Ilustrasi orang sakit perut/Freepik
Ilustrasi orang sakit perut/Freepik
KOMENTAR

SISTEM pencernaan menjadi salah satu bagian penting bagi kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Sistem pencernaan yang berfungsi baik dapat menyerap makanan menjadi nutrisi, yang diterima baik oleh tubuh kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan energi dan menumbuhkan sel-sel baru dalam tubuh.

Karena itulah ketika sistem pencernaan terganggu, tubuh seseorang pun akan menghadapi berbagai kondisi yang tidak ideal.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan menurut para ahli, dihimpun dari berbagai sumber.

  • Pilih Makanan Tinggi Serat

Makan makanan berserat tinggi sangat lah baik untuk organ pencernaan, selain baik untuk organ pencernaan makanan berserat tinggi dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Oleh karena itu, perbanyaklah makanan berserat seperti sayuran hijau, biji-bijian dan buah-buahan.

  • Hindari Makanan Yang Dapat Mengganggu Pencernaan

Ada beberapa macam makanan dan minuman tertentu yang bisa mengganggu pencernaan. Contohnya minuman bersoda, kopi, makanan pedas, asam, dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan gas dan kembung. Hindari makanan dan minuman tersebut ataupun mengurangi porsi lebih sedikit jika rentan terhadap masalah pencernaan.

  • Kualitas Tidur Yang Cukup

Kualitas tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Adapun kualitas tidur yang tidak cukup dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh, sehingga memicu masalah pencernaan seperti sembelit dan buang-buang air. Sebab itu kita dianjurkan untuk tidur minimal 7-8 jam per malam.

  • Memenuhi Kebutuhan Air

Memenuhi kebutuhan air akan membuat pencernaan berfungsi dengan baik, air membantu menghilangkan racun dari tubuh. Air berperan penting dalam proses filtrasi dan zat zat metabolisme melalui urin, keringat dan feses. Disarankan untuk minum air delapan gelas per hari.

  • Kurangi Stres

Dalam keadaan diri sedang stres, stres dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh yang dapat kemudian akan mengalami masalah pencernaan, seperti diare dan sakit perut. Oleh karena itu cobalah untuk istirahat yang cukup, melakukan meditasi ataupun berolahraga.

Jika gangguan pencernaan tetap terjadi setelah dilakukan tips di atas, maka dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health