Ilustrasi stres saat bekerja/RRI
Ilustrasi stres saat bekerja/RRI
KOMENTAR

DI libur Lebaran tahun ini, pemerintah memberikan kesempatan selama dua hari (Selasa dan Rabu) untuk mengurai arus balik mudik. Buat yang sudah tiba di Jakarta, kesempatan ini baiknya dipergunakan untuk beristirahat, memulihkan stamina agar siap beraktivitas seperti sedia kala.

Namun, ada baiknya memperhatikan beberapa hal ini agar tidak memaksakan diri Kembali bekerja atau bersekolah, karena terlalu berisiko untuk Kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

1. Jika terkena penyakit menular yang membahayakan diri sendiri dan orang di sekitar, seperti batuk, pilek, flu Singapura atau hand mouth foot disease (HMFD), campak, diare, hepatitis, demam berdarah, dan lainnya.

Pastikan untuk segera berobat ke dokter atau puskesmas terdekat. Apabila terpaksa masuk kerja atau sekolah, terapkan pola hidup bersih, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

2. Apabila ada keluhan yang sangat mengganggu, seperti pusing, mual, muntah, dan lemas, sebaiknya urungkan untuk berangkat kerja atau sekolah. Segera berobat ke dokter atau layanan Kesehatan terdekat.

3. Jika tidur Anda kurang dari lima jam per hari dalam 7 sampai 14 hari terakhir, sebaiknya izin untuk tidak beraktivitas dulu di kantor maupun sekolah. Kurang tidur membuat sulit berkonsentrasi, pikun, kehilangan motivasi, temperamental, atau mengantuk sepanjang hari.

Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, depresi, dan penurunan imunitas. Tidur nyenyak adalah kunci penting menjaga kesehatan fisik, mental, serta emosional.

4. Urungkan pula niat untuk berangkat kerja atau sekolah jika suasana hati sangat buruk, karena akan mengganggu interaksi dengan sekitar dan produktivitas kerja menurun.

5. Perlu menjaga keluarga yang sedang sakit.

Pastikan ketidakhadiran ini telah melewati persetujuan dari pihak yang berwenang dan didukung dengan bukti yang valid. Karena prinsipnya, lebih cepat suatu penyakit terdeteksi akan lebih cepat pula pengobatannya dan penyembuhannya. Penyakit pun tidak akan menjadi lebih buruk dan produktivitas kerja terus terjaga.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health