Bersiap untuk hujan intensitas lebat hingga banjir/Freepik
Bersiap untuk hujan intensitas lebat hingga banjir/Freepik
KOMENTAR

PERINGATAN dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir pada hari ini (7/4). Hujan dengan curah hujan tinggi tersebut diprakirakan terjadi di sejumlah titik di 29 provinsi di seluruh Indonesia.

Informasi yang dimuat dalam laman resmi BMKG tersebut menyebutkan bahwa hujan dengan intensitas lebat itu diprakirakan terjadi di berbagai wilayah di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Bali.

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Akibat hujan lebat, BMKG mengingatkan masyarakat terkait dampaknya yaitu banjir. Peringatan BMKG tersebut meliputi wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat juga Papua.

Tidak hanya hujan lebat dan banjir, BMKG pun mengimbau masyarakat mewaspadai potensi angin kencang di sejumlah daerah, mulai dari Jawa Barat, Bali, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, serta Sulawesi Tenggara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya telah menyatakan adanya potensi angin kencang, kilat, petir, hujan lebat, serta gelombang tinggi yang akan melanda sejumlah wilayah di Tanah Air hingga 11 April mendatang.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News