Ilustrasi orang menimbang berat badan/Freepik
Ilustrasi orang menimbang berat badan/Freepik
KOMENTAR

DI ANTARA sekian banyak kasus obesitas di masyarakat, ternyata sebagian orang justru berjuang keras untuk bisa menggemukkan badan agar memiliki berat badan ideal.

Kebalikan dari penderita obesitas yang kesulitan menurunkan berat badan, pemilik tubuh kurus juga seolah kehabisan cara untuk menambah berat badan.

Ada beberapa orang yang dikaruniai tubuh kurus (bahkan sangat kurus) dan dikenal tidak pernah pilih-pilih makanan dan tak takut makan banyak, tapi tubuh mereka tetap kurus. Tak peduli seberapa banyak makanan yang masuk ke tubuh mereka, tetap tidak berefek terhadap kenaikan berat badan.

Dari penelusuran Farah.id, secara medis ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa memiliki tubuh kurus atau sangat kurus. Bisa jadi karena metabolism tubuh yang lebih cepat dibandingkan banyak orang lainnya, terlalu banyak melakukan aktivitas, asupan nutrisi yang kurang, hingga adanya penyakit serius.

Agar tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter. Biasanya kamu akan diminta menjalani beberapa tes dan skrining.

Bagi kamu yang bertubuh kurus, dokter gizi menyarankan 3 langkah ini untuk menambah berat badan.

Pertama, makan lebih banyak dan lebih sering. Jumlah kalori yang masuk ke tubuh harus lebih banyak dari kalori yang keluar. Makan makanan bergizi seimbang dan makanlah minimal tiga kali sehari.

Kedua, berolahraga khususnya angkat beban (weightlifting) untuk membentuk massa otot. Diketahui bahwa berat badan akan bertambah sesuai dengan jumlah massa otot yang meningkat.

Ketiga, mengonsumsi suplemen penambah berat badan. Pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanannya. Suplemen yang efektif umumnya mengandung kalori dan protein tinggi.

Jika kamu sudah melakukan tiga langkah tersebut, maka pamungkasnya adalah konsisten dengan apa yang sudah kamu lakukan.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health