Konferensi pers IIETE 2024 di Jakarta (1/2)/Dok. Wahyu Promo Citra
Konferensi pers IIETE 2024 di Jakarta (1/2)/Dok. Wahyu Promo Citra
KOMENTAR

PAMERAN pendidikan bertaraf internasional bertajuk Indonesia International Education Training Expo & Conference (IIETE) siap digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 22-25 Februari 2024.

Mengusung tema Never Stop Learning, Wahyu Promo Citra (WPCitra) selaku penyelenggara pameran ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa khususnya pelajar SMA/SMK/MA mengenai pendidikan tinggi, mulai dari program pendidikan berjenjang Diploma, S1, S2, S3, profesi, kelas pararel, kelas internasional, program pelatihan, program kedinasan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

IIETE merupakan pameran pendidikan tinggi yang terlama di Indonesia. Tahun ini menandakan ke-32 kalinya digelar, setelah sempat terhenti 1 kali tahun 2021 karena pandemi. 

Di area seluas 6.000 m2 di hall B, IIETE 2024 menghadirkan sebanyak 120 exhibitor dari PTN, PTS favorit dari Indonesia dan mancanegara, lembaga kursus, digital education, industri penunjang pendidikan dan lembaga pendidikan dari dalam dan luar negeri.

Beberapa kampus favorit yang berpartisipasi dalam IIETE 2024 di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Hasanuddin, Politeknik Keuangan Negara STAN, Poltekkes Kesehatan, Universitas Atma Jaya, Universitas Terbuka, Bina Nusantara, serta Universitas Mercu Buana.

Sedangkan untuk kampus luar negeri, sejumlah negara mengirimkan perguruan tinggi yaitu Rusia (Kazan Federal University, Novosibirsk State Technical University, Saint Petersburg Electrotechnical University "LETI", HSE University), Australia (Torrens University, Central Queensland University), Singapore (James Cook University Singapore, Future Ready Academy, Embry Riddle Aeronautical University), Korea (Silla University, Donga University, Hanseo University, Sungkyungwan University, Sejong University), Hongkong (Vocational Training Council), India (Ratna Sagar, PLTD), Jerman (Goethe Institute Indonesien), Inggris (Accept- Ed Limited), Thailand (Mahidol University), dan Spanyol (Campus Spain).

“Selama 32 tahun IIETE, telah menjadi wadah yang memberikan kesempatan kepada generasi muda, khususnya siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk mengeksplorasi berbagai pilihan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat, bakat, dan aspirasi mereka. Kami berharap IIETE dapat menjadi perantara yang efektif dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita generasi mendatang sekaligus memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan potensi mereka,” papar Wakil Direktur WPCitra, Satrio Sukur dalam peluncuran IIETE 2024 di Jakarta (1/2).

Satrio Sukur juga menjelaskan bahwa IIETE 2024 tidak hanya menjadi platform untuk memperoleh informasi tentang pendidikan tinggi, tetapi juga wadah yang menginspirasi seluruh pihak terkait untuk berinovasi dan mempercepat transformasi dalam dunia pendidikan.

Untuk itu, selama empat hari penyelenggaraan, dihadirkan pula seminar dan workshop yang mengulas isu-isu terkini yang relevan dengan kemajuan industri pendidikan.

Di antara acara dan program menarik yang disuguhkan yaitu talkshow bersama Ditjen Dikti dan sesi “Langkah Tepat menuju Studi di Luar Negeri” bersama Influencer Pendidikan, Try Out SNBT (gratis) bersama Nurul Fikri selama empat hari pameran, dan Test IELTS online bersama IALF Indonesia.  

Dan bagi yang ingin sekolah di luar negeri, bisa langsung memperoleh informasi beasiswa dan mentoring melalui Scholarship Supermentor Forum bersama Mediacom.

Lebih lanjut Satrio Sukur juga menekankan aspek penting integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Pada perhelatan IETE tahun ini, selain diadakan kompetisi coding, WPCitra bekerja sama dengan Dunia Robot Indonesia juga siap menyuguhkan kompetisi robot berskala nasional “Indonesia Robotic Competition (INAROC)” untuk para pelajar SMP/MTs dan SMA/MAN/SMK.

“INAROC ini kali pertama kami hadirkan di IETE 2024 untuk lebih memacu kreativitas dan membangun tim yang solid untuk mencari solusi yang inovatif dalam dunia teknologi robotika. Ada beberapa kategori yang dilombakan yaitu tingkat junior ada kategori Sumo, Soccer dan Creative sedangkan tingkat senior, ada Sumo, Soccer dan Creative. Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai total lebih dari 20 juta rupiah, piala, dan sertifikat jalur prestasi,” jelas Ketua Dewan Pembina Dunia Robot Indonesia, Muhammad Ied.

Bekerja sama dengan Mediacom, pelajar berkesempatan pula mendapatkan beasiswa kuliah melalui Online Scholarship Competition (OSC)- kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan Medcom.id. Hadir sejak 2015, OSC telah mendistribusikan sebanyak 3.350 beasiswa SI dan S2 di 21 kampus favorit di sejumlah kota di Indonesia.

“Kami memberikan beasiswa full sampai lulus untuk pelajar dan santri. Bahkan mereka juga bisa bebas memilih program studi yang sesuai dengan minatnya,” ujar Head of Corporate Communication Medcom.id & beasiswa OSC, Herfindo Satria Gading,.

IIETE juga menjadi ajang silaturahmi dan membangun kolaborasi yang solid antara tenaga pendidik dengan asosiasi terkait. Pada IIETE kali ini, diadakan forum diskusi antara tenaga pendidik dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia yang membahas tentang perkembangan perpustakaan sekolah di Indonesia.

Sebagai penyelenggara, Wahyu Promo Citra akan terus meningkatkan ekspansi jaringan mitra kerja sama dengan pemerintah melalui Ditjen Dikti dan Dinas Pendidikan Tinggi DKI Jakarta, serta menampilkan exhibitor yang lebih variatif sehingga bisa memberikan lebih banyak pilihan dan ragam acara yang relevan dengan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia

Satrio Sukur optimis IIETE 2024 bisa menarik perhatian setidaknya 25 ribu pengunjung. Mengingat setiap tahun pameran ini digelar rutin pada bulan Februari, dikunjungi lebih dari 25 ribu pengunjung dari berbagai kalangan, terutama siswa-siswi kelas 12 SMA/SMK/MA dari Jakarta dan sekitarnya termasuk juga orang tua, guru, mahasiswa, akademisi dan para profesional.

Informasi lengkap dan terkini serta pembelian tiket, bisa mengakses langsung laman Instagram @indonesiaeducationexpo.




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E