Ilustrasi stretching sebelum mulai berolahraga/Freepik
Ilustrasi stretching sebelum mulai berolahraga/Freepik
KOMENTAR

GAYA hidup sehat, mau tidak mau sudah harus menjadi bagian hidup kita. Dengan perubahan iklim, polusi, wabah penyakit yang makin beragam, ditambah kesibukan yang makin bertumpuk, tubuh kita memang memerlukan nutrisi yang terjamin dan rutin bergerak—tentunya dengan berolahraga.

Jika kita selama ini terbiasa menjadi pribadi mager, tiga kiat berikut ini patut dicoba untuk bisa memulai rutinitas olahraga di tahun 2024.

Mulai dari 30 menit per hari

Tak perlu memikirkan berapa jam yang harus dialokasikan untuk berolahraga, mulailah dengan intensitas ringan yaitu 30 menit setiap hari. Pilih waktu luang di pagi, sore, atau malam hari. Saat berolahraga, fokuslah. Dengan demikian tubuh akan bergerak lebih maksimal dan kita dapat menikmati setiap gerakan.

Lakukan olahraga yang disuka dan sesuai dengan kemampuan tubuh

Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Namun alangkah lebih baik jika kita memilih olahraga yang kita suka dan tentu saja disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh kita. Jangan memaksakan diri untuk melakukan terlalu banyak ragam olahraga, terlebih lagi jika kita belum menguasainya dengan baik.

Tentukan tujuan, be realistic!

Camkan baik-baik bahwa tujuan utama berolahraga adalah tubuh menjadi sehat, bugar, dan stamina terjaga dengan baik. Jangan langsung menargetkan penurunan berat badan, apalagi secara drastis. Tubuh memerlukan adaptasi, dan bagi kita yang baru ingin memulai olahraga secara rutin, realistislah.

Jika ingin menjadikan olahraga sebagai salah satu penunjang diet untuk menurunkan berat badan, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter.

Yuk, mulai tahun baru 2024 dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.




Kemenkes Sosialisasikan Pertolongan Pertama pada Pasien Demam Berdarah

Sebelumnya

Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health