Halal Fair-HIITS 2023 di ICE BSD/Dok. Halal Fair
Halal Fair-HIITS 2023 di ICE BSD/Dok. Halal Fair
KOMENTAR

MEMASUKI hari kedua (9/12), gelaran Halal Fair-Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) dibanjiri lebih dari 20.000 pengunjung yang antusias memburu produk muslim berkualitas dari dalam dan luar negeri serta mengikuti rangkaian workshop dan seminar bisnis.

Halal Fair-HIITS 2023 yang diselenggarakan Wahyu Promo Citra pada 8-10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, Banten ini diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi, Mali, dan Sudan.

Halal Fair-HIITS 2023, sebagai gelaran pamungkas tahun ini, mendukung penuh upaya Indonesia menjadi global hub untuk pasar, industri, dan ekosistem halal yang dicanangkan tahun 2024, oleh Pemerintah Indonesia melalui sejumlah stakeholders dalam pengembangan industri halal dan pemberdayaan UMKM.

Sejumlah exhibitor dari luar negeri antusias menyaksikan gairah belanja produk halal di Indonesia sangat besar selama event berlangsung.

"Antusiasme kami sangat tinggi pada pameran ini. Kami optimis melalui pameran ini, dapat meraih peningkatan volume penandatanganan kontrak dan transaksi dagang yang signifikan antara eksportir kami dengan para buyer Indonesia. Kami menghadirkan produk-produk unggulan halal Malaysia," kata Dr. Zuraini Hasanuddin selaku CEO, GEO Artha International (M) Sdn. Bhd. selaku pemimpin delegasi Malaysia untuk Halal Fair-HIITS 2023.

Malaysia menjadi peserta pameran terbanyak dari luar negeri yang menghadirkan 48 delegasi pelaku usaha UMKM Malaysia melalui Paviliun Produk UMKM Halal Malaysia. Sekitar 80 produk unggulan Malaysia hadir dalam paviliun pameran Malaysia yang didukung pemerintah Kerajaan Selangor.

Zuraini mengatakan, para peserta pameran dari Malaysia tengah mencari potential buyers dan importir untuk dapat memasarkan produk-produk UMKM halal unggulannya ke Indonesia.

"Kami betul-betul bekerja keras dan mengharapkan agar produk kami menembus pasaran Indonesia. Karena produk kami 100 persen diproduksi oleh muslim. Target kami transaksi dagang hingga lebih dari RM5 juta (sekitar Rp16,7 miliar)," katanya.

Presiden Badan promosi produk halal dunia, Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarbangsa (World Islamic Marketing & Trade Chamber – WIMTC) Zuber bin HJ. Bakri yang juga berpartisipasi dalam pameran tersebut menyoroti pentingnya UMKM memiliki konektivitas antarnegara guna dapat memasarkan produk-produk halal unggulannya.

"Kami melihat peluang pasar global guna membangkitkan UMKM menjadi naik kelas, dengan mempertemukan mitra UMKM Malaysia dengan Indonesia. Untuk itu, business matching hingga pameran seperti ini sangat penting," ujarnya.

Tak hanya mencari potensial buyers, ragam produk dari pelaku usaha UMKM Indonesia mulai dari consumer goods, produk hortikultura dan perkebunan seperti sayur, buah, kopi dan teh, furnitur, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu Gaharu juga menarik perhatian para importir Malaysia.

Sementara stan Tunisia dan Arab Saudi menghadirkan berbagai produk kurma, kismis dan kacang Arab unggulannya. Stan Tunisia misalnya, menyuguhkan promo Rp100 ribu dapat 3 pack kurma tangkai 500 gram.

Stan Sudan dan Mali juga menampilkan produk-produk unggulannya seperti kacang-kacangan dan gom atau getah Arab.

Stan Ath-Thoifah, sebagai produsen madu dan herbal hadir membuka peluang bisnis herbal join keagenan dan reseller produk herbal berlegalitas dan berkualitas.

Kehadiran stan kuliner Ajwad Resto dan Abu Taqo Kebuli, dengan sajian makanan khas Arab dengan rasa lokal ini menjadi favorit para pembeli yang terlihat mengular sejak pameran dibuka.

UMI Tour & Travel memberikan promo spesial pameran dengan voucher diskon umrah hingga Rp 2,5 juta/pax dan DP umrah anya Rp1 juta/pax, khusus pendaftaran di stannya. Pengunjung juga berkesempatan mengikuti undian Umrah Gratis Bintang Lima.

Produk fashion seperti Khadijah Indonesia, Nacita, Alfi Huraiyah, Taqeeya, Makhtab, Al-Wafa, dan brand-brand lainnya memberikan voucher khusus berhadiah dan diskon hingga 50 persen.

Bagi pengunjung yang datang ke stan Hedtutu Skin Solution di Halal Fair bisa klaim gratis Brightening Skin Treatment/Intensive Acne Cream senilai Rp120.000 - 125.000.

Direktur Operasional Hanania Group Tour Travel Naufal Ashim, mengatakan kehadiran travel umroh milenial pertama di Indonesia ini di gelaran Halal Fair untuk kali ketiga ini menjadi magnet bagi pengunjung yang hadir di boothnya. Bagi pengunjung yang hadir ke booth, berkesempatan untuk mendapatkan Apresiasi Umroh Gratis tanpa dipungut biaya apapun

"Di pameran ini, kami lebih memberikan edukasi travel umrah dengan konsep milenial pertama. Semoga Allah tetap menjadikan Halal Fair konsisten dan eksis setiap tahunnya,” ujarnya.




Cek Kesehatan Kulit dan Dapatkan Skincare yang Tepat di Wardah SKINVERSE-Science Powered Skincare

Sebelumnya

Terus Memberi Manfaat, Wardah Hadirkan “Wardah SKINVERSE-Science Powered Skincare” di Senayan City

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E