Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin di TMPN Kalibata (10/11/1023)/BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin di TMPN Kalibata (10/11/1023)/BPMI Setpres
KOMENTAR

MEMPERINGATI Hari Pahlawan 2023, Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta pada Jumat (10/11).

Upacara Ziarah Nasional dipimpin oleh komandan upacara Kolonel Penerbang Puguh Yulianto. Tampak Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo.

Upacara Ziarah Nasional dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Sirene dibunyikan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, lalu diikuti prosesi mengheningkan cipta yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga serta pembacaan doa yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bagi para pahlawan bangsa yang telah gugur.

Upacara Ziarah Nasional diakhiri dengan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan nasional. Di antaranya yaitu di atas pusara Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie dan istri, Hasri Ainun Habibie, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan Wakil Presiden ke-4 Indonesia Umar Wirahadikusumah.

Tentang sejarah Hari Pahlawan, data Farah.id menunjukkan bahwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang dipimpin Bung Tomo bersama Moestopo, Mangundiprojo, Jasin, dan pejuang lainnya menunjukkan semangat yang tak pernah padam. Pasukan Indonesia terus bergerilya di sekitar Surabaya hingga pasukan sekutu tidak bisa menguasai Surabaya.

Diketahui bahwa sejak bendera Belanda yang berada di Hotel Yamato, Surabaya dirobek medio September 1945, situasi terus memanas hingga puncak pertempuran sengit terjadi pada 10 November.




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News