FIFA izinkan masyarakat bela kemanusiaan/pssi.org
FIFA izinkan masyarakat bela kemanusiaan/pssi.org
KOMENTAR

DUKUNGAN terhadap Palestina terus meningkat seiring jumlah korban jiwa yang juga terus bertambah. Dukungan untuk Palestina datang dari berbagai lapisan masyarakat dengan cara yang berbeda-beda.

Salah satu bentuk dukungan juga datang dari cabang olahraga sepak bola, PSSI memperbolehkan bendera Palestina dikibarkan di dalam stadion selama pertandingan sedang berlangsung.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan bahwa ia telah berkoordinasi dengan FIFA terkait perizinan agar bendera Palestina boleh untuk dikibarkan dalam pertandingan di bawah naungan FIFA.

Menurut Erick, FIFA juga tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina di dalam pertandingan sepak bola. Dikarenakan hal tersebut dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap kemanusiaan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).

“FIFA menghargai kebebasan berekspresi, apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi” kata Erick, dikutip dari laman resmi PSSI.

Selain itu, Ketua Komite Hukum PSSI, Ahmad Riyadh juga menjelaskan bahwa bendera Palestina boleh berkibar selama pertandingan. Riyadh mempersilahkan seluruh pendukung untuk menyuarakan solidaritas kepada Palestina dari bangku tribun stadion.

Namun, Riyadh meminta agar tidak ada supporter yang melakukan pitch invasion atau masuk ke dalam lapangan pertandingan. Hal tersebut tidak diperbolehkan karena melanggar peraturan dan keselamatan.

Riyadh juga menjelaskan bahwa selama ini hubungan PSSI dan Palestina tidak perlu diragukan. PSSI dan federasi sepak bola Palestina memiliki relasi yang baik dan spesial. Keduanya bahkan rutin menggelar kerja sama dan uji coba.




Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Sebelumnya

Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News