Contoh unggahan media sosial tentang Save Palestine/tangkapan akun @paliroots
Contoh unggahan media sosial tentang Save Palestine/tangkapan akun @paliroots
KOMENTAR

Akhir pekan lalu, Thomas Maddens, pembuat film dan aktivis yang berbasis di Belgia, melihat ada yang aneh. Sebuah video tentang Palestina yang dia unggah ke TikTok dengan kata kunci “genosida” tiba-tiba berhenti mendapatkan interaksi di platform tersebut setelah lonjakan awal.

“Saya pikir saya akan mendapatkan jutaan penayangan, tapi interaksi itu terhenti,” ujar Maddens seperti dilaporkan Al Jazeera.

Maddens adalah satu dari ratusan pengguna media sosial yang menuduh platform media sosial terbesar di dunia – Facebook, Instagram, X, YouTube, dan TikTok – menyensor akun atau secara aktif mengurangi jangkauan konten pro-Palestina, sebuah praktik yang dikenal sebagai pelarangan bayangan.

Penulis, aktivis, jurnalis, pembuat film, dan pengguna tetap di seluruh dunia mengatakan postingan yang berisi tagar seperti “FreePalestine” dan “IStandWithPalestine” serta pesan yang menyatakan dukungan terhadap warga sipil Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel disembunyikan oleh platform tersebut.

Beberapa pengguna juga menuduh Instagram, milik Meta, secara sewenang-wenang menghapus unggahan yang hanya menyebut Palestina karena melanggar “pedoman komunitas”.

Yang lain mengatakan Instagram Stories mereka disembunyikan karena berbagi informasi tentang protes mendukung Palestina di Los Angeles dan San Francisco Bay Area. Beberapa juga dilaporkan mengeluhkan kata “teroris” yang muncul di dekat biografi Instagram mereka.

Dalam unggahan di X pada tanggal 15 Oktober, juru bicara Meta Andy Stone menyalahkan berkurangnya jangkauan unggahan karena adanya bug.

Bug ini memengaruhi akun-akun di seluruh dunia dan tidak ada hubungannya dengan pokok bahasan konten – dan kami memperbaikinya secepat mungkin,” tulis Stone.

Ketika ditanya tentang larangan platform menampilkan suara pro-Palestina, Stone menunjuk ke unggahan blog yang diterbitkan Meta yang menyoroti upaya terbarunya dalam mengatasi misinformasi terkait perang Israel-Hamas. Di sana dikatakan bahwa pengguna yang tidak setuju dengan keputusan moderasi perusahaan dapat mengajukan banding.

BBC melaporkan bahwa Meta meminta maaf karena menambahkan kata teroris ke akun pro-Palestina, dengan mengatakan bahwa masalah yang menyebabkan terjemahan bahasa Arab yang tidak tepat telah diperbaiki.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News