Erick Thohir saat menerima pola sebagai simbol Indonesia siap menjadi tuan rumah FIFA World Cup U17/Dok PSSI
Erick Thohir saat menerima pola sebagai simbol Indonesia siap menjadi tuan rumah FIFA World Cup U17/Dok PSSI
KOMENTAR

INDONESIA mulai menghitung hari jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Gelaran akbar yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak ini akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sebelumnya, Piala Dunia U-17 akan digelar di Peru. Namun, FIFA justru mengumumkan pembatalan Peru selaku tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 3 April 2023. Peru dianggap tidak mampu memenuhi komitmennya terkait masalah infrastruktur. Lambatnya proses penyelesaian infrastruktur di Peru diperparah dengan bencana banjir dan badai Yaku yang menghantam sejumlah wilayah di negara tersebut.

Kemudian, FIFA memerlukan waktu hampir empat bulan untuk akhirnya memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ada tiga alasan yang membuat FIFA kembali mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Pertama, karena melihat prestasi Indonesia yang berhasil merebut medali emas cabang sepak bola SEA Games 2023. Tim Nasional yang asuhan Indra Sjafrie itu berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di Kamboja, 16 Mei 2023 lalu.

Kedua, penampilan apik dari skuad timnas senior asuhan pelatih Shin Tae-yong pada dua laga FIFA match day dengan melawan Palestina, peringkat 93 dunia serta tim juara dunia 2022, Argentina. Ketiga, Indonesia sanggup menggelar babak kualifikasi AFC U-17, Oktober 2022 lalu.

Pelaksanaan petandingan Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di empat stadion yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Dalam unggahan Instagram @erickthohir, FIFA sudah mulai mengecek persiapan lapangan yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 dan memastikan 26 dari 27 lapangan yang akan digunakan dalam kondisi bagus.

Begitu pula dengan persiapan para pemain Garuda Muda untuk menghadapi turnamen ajang bergengsi ini pun dikabarkan sangat baik. Mereka telah menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Jerman selama sebulan penuh.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News