Presiden Joko Widodo/Setneg
Presiden Joko Widodo/Setneg
KOMENTAR

RAPAT Terbatas dengan agenda membahas kegiatan perniagaan dengan sistem elektronik digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (25/9).

Sejumlah Menteri terkait seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perdagangan menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo tersebut.

Menurut Menteri Perdagangan, rapat terbatas membahas perdagangan digital secara keseluruhan. Pembahasan mengenai E-commerce ini menjadi topik yang dianggap urgen untuk segera dicari solusinya.

“Salah satu poin yang dibahas adalah seputar TikTok (Shop),” ujar Menteri Kominfo seperti dilansir ANTARA.

Perbincangan tentang perdagangan digital ini memang menghangat setelah Presiden Joko Widodo sebelumnya mengaitkan platform layanan hosting video TikTok yang menghadirkan TikTok Shop dengan menurunnya omzet pelaku UMKM di pasar konvensional.

“Berefek pada UMKM, produksi usaha kecil, usaha mikro, dan pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun. Mestinya ini dia (TikTok) itu media sosial, bukan media ekonomi,” ujar Presiden Joko Widodo saat berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (23/9).

Namun demikian, berdasarkan penelusuran Farah.id, banyak pelaku UMKM—termasuk di pasar Tanah Abang—yang mulai melakukan penjualan secara live di TikTok Shop untuk mengantisipasi kunjungan langsung pelanggan yang belum optimal pascapandemi COVID-19.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News