Ilustrasi anak minum susu/NET
Ilustrasi anak minum susu/NET
KOMENTAR

MEMBERIKAN susu yang berkualitas untuk si kecil tidak perlu mahal, asalkan bunda tahu cara memilih susu anak yang tepat. 

Di sisi lain, susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Nutrisi dalam susu pertumbuhan juga berperan penting dalam meningkatkan perkembangan daya pikir anak. 

Sehingga, bunda harus tetap memberikan susu anak dengan kualitas terbaik untuk sang buah hati. Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda bisa mengacu pada poin-poin berikut ini.

1. Perhatikan Kandungan Nutrisinya
Susu pertumbuhan yang baik untuk anak harus mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Protein bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, tulang, dan kulit, sedangkan kalsium sangat penting untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Vitamin dan mineral juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengoptimalkan fungsi organ dalam tubuh.

Sementara kalsium merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak karena membantu membangun tulang yang kuat dan menghindarkan risiko osteoporosis di masa depan. Kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otot dan sistem saraf.

Oleh karena itu, penting untuk memilih susu pertumbuhan yang mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tulang yang kuat dan kesehatan tubuh anak.

2. Pilih Susu yang Bebas Alergen
Perhatikan alergen atau kandungan yang memicu alergi pada anak. Salah satu alergen yang cukup umum adalah alergi terhadap susu sapi. Oleh karena itu, ibu sebaiknya memerhatikan alergen anak dan mencari alternatif susu jika memang anak alergi susu sapi.

Pilihlah susu bebas alergen yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya secara optimal. Jika bingung, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi terlebih dahulu.

3. Pilih Susu yang Mudah Larut
Susu pertumbuhan yang mudah larut dalam air dapat membantu memudahkan proses pencernaan anak dan memaksimalkan penyerapan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.

Selain itu, susu yang mudah larut juga dapat menghindarkan risiko tersedak atau masalah pencernaan lainnya, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi anak saat mengonsumsinya.

4. Perhatikan Kandungan Gula
Susu pertumbuhan yang mengandung terlalu banyak gula tambahan dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak, yang dalam jangka panjang dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kadar gula yang berlebihan pada susu juga dapat menyebabkan masalah gigi pada anak, seperti gigi berlubang, dan kerusakan gigi lainnya. Baca label informasi kandungan gizi untuk mengetahui jumlah gula yang terkandung pada susu tersebut.

5. Pertimbangkan Selera Anak
Setiap orang memiliki selera uniknya masing-masing, tidak terkecuali anak. Untuk itu, bunda dapat memilih susu dengan rasa yang disukai anak agar anak mau mengonsumsinya secara teratur.

Hal ini juga dapat membantu memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup dari susu yang dikonsumsinya. Komunikasikan dengan si kecil mengenai selera susu yang menjadi favoritnya.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting