Yura Yunita kenakan busana karya Sapto Djojokartiko/@yurayunita
Yura Yunita kenakan busana karya Sapto Djojokartiko/@yurayunita
KOMENTAR

PENYANYI Yura Yunita dikenal dengan suara khas dan lagu-lagu yang mengupas hakikat kebahagiaan sejati juga menguatkan sesama perempuan. Mulai dari Tenang, Dunia Tipu Tipu, juga Tutur Batin, pesan yang ditangkap adalah bagaimana menjadi manusia yang jujur di tengah zaman yang penuh kepalsuan.

“Ini cikur alias kencur, makanan wajib aku sebelum nyanyi,” ujar Yura dalam video yang dibagikan di laman Instagramnya (10/9) sebelum ia naik panggung Grand Final Abang None Jakarta 2023.

Istri Donne Maula itu memamerkan kegemarannya menyantap cikur yang sangat garing sehingga menimbulkan bunyi kriuk di setiap gigitannya.

Menurut Yura, setelah mengunyah cikur, ia akan mendiamkannya sejenak berada di mulut agar sari-sari kencur meresap dan masuk ke tenggorokan. Setelah didiamkan sejenak, barulah ia menelan cikur.

Apa yang membuat cikur menjadi camilan yang wajib dikonsumsi sebelum manggung?

“Rasanya tenggorokan lega banget, dan untuk ambil napas juga rasanya rongga (udara) jadi lebih besar,” ujar penyanyi asal Bandung tersebut.

Wah, ternyata bukan hanya menyenangkan untuk dikunyah, cikur juga punya manfaat untuk tenggorokan yang tentunya sangat bermanfaat untuk seorang penyanyi seperti Yura.

Berdasarkan penelusuran Farah.id, alias kunyit memang punya sejumlah khasiat untuk kesehatan manusia. Di antaranya sebagai antimikroba, antiradang, juga antidepresan yang memberikan efek tenang bagi orang yang mengonsumsinya.

Ditambah lagi, kunyit juga mampu mengatasi masalah mulut dan gigi. Kunyit dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab sariawan dan karies gigi yang nantinya bisa menjadi penyebab infeksi dan gigi berlubang.




Penyair Joko Pinurbo, Celana, dan Jejak Mendalam di Dunia Sastra Indonesia

Sebelumnya

5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment