Ilustrasi keindahan pulau Togean, Sulawesi/Net
Ilustrasi keindahan pulau Togean, Sulawesi/Net
KOMENTAR

TAMAN NASIONAL Kepulauan Togean atau TNK memiliki daya tarik wisatawan pecinta wisata laut sejak diresmikan 2004 lalu. 

Selain memiliki air yang bening dengan taman karang lautnya disukai turis mancanegara untuk melakukan snorkling. 

Terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, di Sulawesi Tengah ini tersedia resort yang menawan dan terdapat beragam biota laut membuat turis betah lama-lama di sini. 

Pulau ini semakin indah ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun setelah aktivitas vulkanis beberapa waktu lalu itu. Di tambah, pulau ini juga dikelilingi oleh formasi bukit karang. Formasi bukit karang jadi habitat beberapa hewan laut dan kura-kura hijau.

"Kepulauan Togean terlihat seperti surga, namun terasa seperti neraka," kata salah satu turis yang berkunjung dari Kanada, Dave Smith.

Dilansir dari South China Morning Post, Dave melakukan berbagai kegiatan di perairan seperti menyelam, snorkeling. Hanya saja, dalam pengakuan dia kondisi ruang makan dan ruangan peralatan selam terlihat tidak cukup baik.

Untuk mencapai ke sini, pengunjung dapat melakukan perjalanan darat menggunakan bus atau menyewa mobil. Lalu, melanjutkan perjalanan dengan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge, yang jadwalnya rutin setiap hari, berangkat pukul 10.00-11.00 pagi.

Di pulau ini, terdapat jalur traking yang terdapat alam hutan di Pulau Malenge dan mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-una. Pengunjung juga bisa mampir ke permukiman orang Bajo di Kabalutan.

 




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon