Suasana ASEAN Alumni Meeting 2023 di Bandung (23/8/2023)/Ist
Suasana ASEAN Alumni Meeting 2023 di Bandung (23/8/2023)/Ist
KOMENTAR

IKATAN Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran menggelar ASEAN Alumni Meeting yang menjadi rangkaian kegiatan ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023 bertempat di Ruang Rapat Gedung Merdeka, Bandung pada Rabu (23/8/2023).

Dihadiri pengurus ikatan alumni sejumlah perguruan tinggi di Indonesia maupun negara ASEAN lain, ASEAN Alumni Meeting yang digelar secara hybrid ini menjadi wadah sinergi pemikiran terkait penguatan perguruan tinggi yang orientasi akhirnya adalah memajukan bangsa.

Ketua IKA Universitas Padjadjaran yang juga Ketua Panitia ASEAN Alumni Meeting 2023 Irawati Hermawan menyatakan bahwa kegiatan ini dapat memperkuat kapasitas perguruan tinggi melalui kerja sama negara-negara ASEAN.

"Diskusi ASEAN Alumni Meeting 2023 fokus pada pembahasan tantangan era disrupsi, transformasi digital, konektivitas perguruan tinggi dengan pelaku industri, serta keberlanjutan perguruan tinggi," ungkap Irawati kepada Farah.id.

ASEAN Alumni Meeting tahun ini juga merupakan kontribusi konkret alumni dalam mendukung keberhasilan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengapresiasi peran signifikan perguruan tinggi untuk memberi masukan positif ke tingkat global, sekaligus memperkuat kolaborasi antar-ikatan alumni perguruan tinggi se-ASEAN.

ASEAN Alumni Meeting 2023 menghadirkan keynote speech dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

Dalam rangkaian pertemuan hari ini, digelar Alumni Talks Session 1 bertema “Challenges and opportunities of Higher Education in the context of ASEAN cooperation: Recommendation to Move Forward” yang menghadirkan para tokoh yaitu Enggartiasto Lukita, Gembong Primadjaja, Sutopo Kristatanto, juga Chairman of NUS Alumni dan Chairman of Thailand University Association.

Adapun Alumni Talks Session 2 bertema “Strengthening Collaborative Bonds: ASEAN Alumni Association” dengan para narasumber yaitu Didit Ratam, Ivan P Sadik, Kria Fahmi Pasaribu, Prof. Datuk Dr. Muhammad Hussin dan Panca Saktiadi.

Puncak ASEAN Alumni Meeting 2023 adalah Deklarasi Bandung yang dipimpin Walneg S. Jas dari Institut Pertanian Bogor.

Para peserta ASEAN Alumni Meeting 2023 kemudian dijadwalkan untuk berwisata keliling kota dengan Bandros dan mengikuti jamuan makan malam atas undangan Wali Kota Bandung.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News