Dok. Kemenag RI
Dok. Kemenag RI
KOMENTAR

KEMENTERIAN Agama menggelar pemberian penghargaan Penyuluh Agama Islam Award 2023 Tingkat Nasional, di Jakarta pada Rabu (9/8/2023).

Kegiatan penilaian berlangsung sejak 7 Agustus lalu ditutup oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan memberikan penghargaan kepada tujuh penyuluh agama terbaik se-Indonesia.

Terdapat tujuh kategori penghargaan pada Penyuluh Agama Islam Award 2023, yaitu Peningkatan Literasi Alquran, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, dan Metode Penyuluhan Baru.

"Beberapa kategori yang diberikan sesungguhnya adalah penghargaan yang belum cukup atas apa yang Bapak Ibu berikan bagi bangsa dan negara ini. Tetapi saya tahu bahwa penghargaan-penghargaan ini juga tidak begitu penting bagi Bapak Ibu sekalian. Karena pengabdian Bapak Ibu ini adalah pengabdian yang diberikan secara ikhlas, sebagaimana taglinenya Kementerian Agama: Ikhlas Beramal," ungkap Menag Yaqut.

Menag mengapresiasi setiap dedikasi yang dilakukan penyuluh agama. Beberapa kategori yang diberikan, lanjut Menag, menjadi gambaran bagaimana penyuluh agama Islam tidak hanya menjalankan tugasnya di satu sektor saja.

"Ada banyak hal yang disampaikan dari mulai literasi Al-Qur'an sampai pelestarian lingkungan hidup, sangat luar biasa," kata Gus Men.

Adapun pemenang PAI Award 2023 sebagai berikut :
1. Pemenang Kategori Peningkatan Literasi Alquran: Ermi Daini (Nangroe Aceh Darussalam)
2. Pemenang Kategori Pendampingan Kelompok Rentan: Munawar (Nangroe Aceh Darussalam)
3. Pemenang Kategori Kesehatan Masyarakat: Achmad Daviq Zain (Jawa Timur)
4. Pemenang Kategori Pemberdayaan Ekonomi Umat: Muhammad Rosyid (Jawa Tengah)
5. Pemenang Kategori Penegakan Hukum: Ahmad Nawawi Abdulrauf (Kalimantan Selatan)
6. Pemenang Kategori Pelestarian Lingkungan: Shohibul Izar (Jawa Timur)
7. Pemenang Kategori Metode Penyuluhan Baru: Nur Kholifah (Jawa Timur)

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa PAI Award merupakan bentuk apresiasi terhadap para penyuluh agama Islam di Indonesia yang terus berjuang dengan dedikasi dan semangat yang tinggi dalam pembangunan negara melalui bimbingan kepenyuluhan yang kreatif, inovatif, dan berdampak.




Hadiri Pertemuan WIPO di Jenewa, Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Punya Potensi Kekayaan Intelektual yang Sarat Tradisi dan Kearifan Lokal

Sebelumnya

Dari Kampung Zakat Hingga Kota Wakaf, Kementerian Agama RI Terus Optimalkan Pemberdayaan Ekonomi Umat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News