ilustrasi ibu dan anak/net
ilustrasi ibu dan anak/net
KOMENTAR

PARA Ibu-ibu yang tengah menyusui tentu harus tahu bila hari ini, Selasa (1/8) merupakan hari Air Susu Ibu (ASI) sedunia.

Hari ASI selalu dirayakan tiap 1 Agustus setiap tahunnya dibarengi dengan kegiatan World Breastfeeding Week atau Pekan ASI Sedunia hingga tanggal 7 Agustus mendatang. 

Adapun tujuan dirayakan ASI sedunia ini sebagai kampanye yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kesadaran untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, yang kemudian diteruskan dengan ASI lanjutan secara optimal selama 2 tahun untuk memberikan proteksi kepada tubuh bayi agar tahan terhadap penyakit.

Di tahun ini, tema Hari ASI sedunia adalah 'Enabling Breastfeeding Making a difference for working parents'.

World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), organisasi yang menggawangi aksi Hari ASI sedunia, aksi ini bertujuan memberikan dukungan secara global kepada para ibu untuk menyusui di mana pun mereka berada.

Karena sebagaimana diketahui, menyusui merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi dan meningkatkan kesehatan bayi serta perkembangan bangsa.

Di perayaan tahun ini, Hari ASI sedunia dijadikan wadah informasi bagi masyarakat untuk menggali perspektif orangtua yang bekerja namun tetap bisa menyusui dan mengasuh anak.

Selain itu dapat mengoptimalkan cuti berbayar sebagai dukungan tempat bekerja, terlibat dengan individu dan organisasi yang meningkatkan kolaborasi dan dukungan di tempat kerja, dan tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kondisi kerja yang relevan untuk menyusui.

Diharapkan tercipta gerakan menyusui yang kuat dan komprehensif, yang akan berdampak baik pada praktik pemberian ASI dan makanan pendamping ASI yang optimal pada bayi dan anak. 




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting