Pemberian penghargaan jemaah haji terbanyak/Kemenag
Pemberian penghargaan jemaah haji terbanyak/Kemenag
KOMENTAR

PEMERINTAH Arab Saudi memberikan penghargaan untuk tiga negara pengirim jemaah haji dengan jumlah terbanyak yaitu Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Abdul Fattah Mashat di Jeddah (30/7/2023) dan diterima oleh Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Dilansir laman resmi Kemenag RI, Indonesia berada di urutan pertama dengan total 229.000 jemaah ke Tanah Suci. Sedangkan Pakistan mengirimkan 179.000 jemaah haji dan Bangladesh 127.000 jemaah haji. Diketahui bahwa tahun lalu Indonesia juga berhasil meraih penghargaan ini.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi pemerintah Arab Saudi kepada pemerintah ketiga negara yang telah bekerja sama dengan baik dalam pelayanan jemaah haji, terutama terkait kedatangan dan kepulangan jemaah.

“Khususnya terkait pelayanan di Jeddah, berupa sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, Keamanan Bandara, termasuk layanan fast track, dan program lain,” ungkap Nasrullah.

Hingga saat ini, sudah ada 188.251 jemaah haji Indonesia yang kembali ke Tanah Air. Sebagian lain jemaah haji reguler saat ini masih berada di Madinah.

Kloter terakhir akan meninggalkan Madinah pada 4 Agustus 2023 menandai berakhirnya masa operasional haji 2023.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News