Potensi wastra-kriya-kuliner di KKI 2023/Dok. Kemenparekraf
Potensi wastra-kriya-kuliner di KKI 2023/Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

PAMERAN Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 yang diinisiasi Bank Indonesia digelar 27-30 Juli 2023 di Hall B Jakarta Convention Center dengan menghadirkan 300 UMKM unggulan sektor wastra, kriya, dan kuliner serta 45 UMKM kopi Nusantara.

KKI 2023 hadir dengan tema #BadarauNusantara: Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Indonesia. Selain pameran 300 UMKM Unggulan dan Pesona Kopi Nusantara dari 45 UMKM, KKI juga dimeriahkan dengan beragam talk show, business matching, pagelaran karya kreatif, ruang interaksi, serta showcase inovasi teknologi.

Hadir dalam pembukaan KKI 2023 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang mengapresiasi acara ini sebagai upaya mempercepat pelaku UMKM naik kelas.

Menparekraf juga mengatakan bahwa KKI 2023 menjadi kolaborasi apik antarkementerian dan lembaga guna memastikan UMKM dapat ambil bagian dalam kebangkitan ekonomi bangsa.

“Saya mengapresiasi BI yang terus meningkatkan kualitas UMKM yang naik kelas. Saya melihat potensi peningkatan ekspor produk ekonomi kreatif yang ditopang fesyen dan kriya bisa mencapai 26,5 miliar dolar AS. Ini upaya kita untuk menggerakkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” jelas Menparekraf Sandiaga (27/7/2023).

Selain menjadi ajang kolaborasi antara stakeholder dan pelaku UMKM, KKI 2023 menjadi ajang memperkenalkan tren dan teknologi terkini guna mendorong semakin berkualitasnya UMKM anak bangsa.

Dengan demikian, Karya Kreatif Indonesia diyakini akan mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata #diIndonesiaAja, serta mendukung keketuaan ASEAN 2023.

“Jangan lupa beli produk kreatif Indonesia dan jangan lupa bangga buatan Indonesia,” tegas Sandiaga.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News