Para pembicara dalam kampanye Wisata Rasa MPASI Royco yang digelar di Ballroom Hotel InterContinental, Jakarta Selatan, Jumat (21/7)/Ist
Para pembicara dalam kampanye Wisata Rasa MPASI Royco yang digelar di Ballroom Hotel InterContinental, Jakarta Selatan, Jumat (21/7)/Ist
KOMENTAR

MAKANAN Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. MPASI yang diberikan harus menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang sedang bertumbuh.

Bentuk dan tekstur MPASI sendiri berangsur-angsur berpindah dari menyerupai ASI ke menyerupai makanan orang dewasa. Tekstur MPASI yang tepat untuk anak usia 6-9 bulan adalah saring atau lumat. Sedangkan tekstur untuk usia 9-12 bulan adalah cincang halus atau kasar.

Takaran MPASI yang tepat yaitu 3 sendok makan hingga setengah mangkok (ukuran 250 ml) untuk anak 6-9 bulan dan setengah mangkok (250 ml) untuk anak 9-12 bulan.

Periode MPASI adalah usia emas, di mana anak mulai belajar dan mengenal makanan. Namun nyatanya, banyak bayi mengalami gagal tumbuh atau stunting karena pemberian MPASI yang kurang baik.

Karena itu, Royco dengan purpose Gerakan Pangan untuk Masa Depan, berkomitmen berkelanjutan untuk berperan mencegah berbagai permasalahan malnutrisi di tengah keluarga Indonesia, tak terkecuali dalam periode MPASI.

“Sebagai bagian dari program Rosyco Nutrimenu, kami menghadirkan kampanye ‘Wisata Rasa MPASI Royco’ melalui inovasi Royso Kaldu Spesial Hijau Rasa Jamur dan Rasa Ayam yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet, sehingga cocok digunakan dalam aneka menu MPASI,” kata Direktur Nutrition Unilever Indonesia Amaryllis Esti Wijono, saat konferensi persi Wisata Rasa Royco di InterContinental Hotel, Jumat (21/7).

Kampanye ini berangkat dari fakta bahwa para ibu kini semakin gencar mencari tahu mengenai MPASI. Sayangnya, di tengah derasnya arus informasi, masih banyak mitos yang membuat ibu khawatir.

“Dari sekian banyak mitos yang beredar, yang paling sering mucul adalah perihal rasa. Karena indera pengecap bayi belum sempurna, MPASI dianggap tidak perlu memiliki rasa, sehingga penggunaan gula, garam, dan bumbu lain harus dihindari,” ujar dr Miza Dito Afrizal, SpA, di lokasi yang sama.

Faktanya, lanjut dr Miza, penambahan gula, garam maupun bumbu diperbolehkan, selama masih dalam Batasan rekomendasi. Hal ini penting, untuk membantu anak mengeksplorasi berbagai jenis bahan makanan dan rasa, sekaligus menambah nafsu makannya.

Selebriti Nikita Willy, yang hadir dalam event tersebut, mengatakan bahwa hal terpenting yang perlu menjadi perhatian orang tua saat pemberian MPASI adalah terus mengedukasi diri tentang MPASI yang baik untuk 1000 hari pertama kelahiran anak.

“Aku sendiri terus belajar di fase MPASI ini, termasuk dalam menyusun menu yang menarik, baik dari ragam rasa maupun bahan. Dengan begitu, saya bisa memberikan pengalaman ‘wisata rasa’ untuk baby Issa. Makanya, senang sekali saat tahu bahwa Royco menghadirkan rangkaian Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI. Aku jadi lebih percaya diri mengeksplorasi variasi menu yang falavorful dan bernutrisi seimbang untuk baby Issa,” tutur Nikita.




ParagonCorp Gelar Kelulusan Women’s Space Bersama 10 Perempuan Penggerak di Jakarta

Sebelumnya

Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E