Bukit Holbung, Samosir/Kemenparekraf
Bukit Holbung, Samosir/Kemenparekraf
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Desa Wisata Hariara Pohan di Kabupaten Samosir yang mampu mengoptimalkan potensi Bukit Holbung yang indah untuk destinasi pariwisata.

Dengan mengandalkan keindahan Bukit Holbung, desa ini mampu menembus 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Hariara Pohan (20/7/2023), Menparekraf juga menyatakan apresiasinya untuk film Ngeri Ngeri Sedap yang menjadikan Bukit Holbung sebagai lokasi syuting. Keberhasilan film tersebut di sejumlah festival film sukses membawa banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan Bukit Holbung.

Diketahui bahwa film Ngeri Ngeri Sedap berkisah tentang keluarga dalam adat dan budaya Batak. Tak hanya Bukit Holbung, film ini juga menampilkan keindahan alam Danau Toba.

“Harapan saya, ini akan menjadi pengalaman indah dalam berwisata juga lingkungan yang berkelanjutan dengan konsep pariwisata hijau,” kata Menparekraf.

Selain bukit Holbung, Desa Wisata Hariara Pohan memiliki sebuah situs budaya berumur ratusan tahun bernama Huta Simarmata. Di dalamnya, wisatawan dapat melihat rumah adat Batak berumur ratusan tahun juga sarkofagus berumur ratusan tahun.

Dengan keindahan alam dan keunikan situs budaya, Menparekraf Sandiaga berharap des aini dapat berkembang untuk amenitas, akses, dan atraksinya. Mengingat film Ngeri Ngeri Sedap, menparekraf mengusulkan festival film yang dipusatkan di Hariara Pohan.

“Kemudian tentang kelengkapan infrastruktur seperti tempat parker, amenitas seperti pusat UMKM dan homestay, semua sudah di-review dan sangat layak. Semoga menjadi bahan pertimbangan bagi dewan juri dan mendapat hasil maksimal,” ungkap menparekraf tentang keikutsertaan Desa Wisata Hariara Pohan dalam ajang ADWI2023.

Dalam kesempatan itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan terima kasih kepada menparekraf yang terus berkomitmen memajukan pariwisata Nusantara, salah satunya di Samosir. Bupati berharap Desa Wisata Hariara Pohan bisa menjadi juara pertama ADWI 2023.




Melongok Universitas Tertua Al Quaraouiyine

Sebelumnya

Dakhla, Kota Bertemunya Gurun dan Laut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon