KOMENTAR

SINGLE Seven setidaknya punya tiga modal untuk menarik perhatian penikmat musik pop dunia. Lirik yang simpel, musik yang ringan dan easy listening, serta video musik beralur cerita unik yang menampilkan aktris Han So Hee.

Dan modal utamanya sudah pasti adalah Jeon Jungkook—personel termuda super group K-pop BTS yang debutnya memang sudah sedemikian dinanti ARMY di seluruh dunia. Tak heran saat dia merilis Seven pada 14 Juli 2023, single itu langsung merajai berbagai tangga lagu di berbagai negara juga di platform digital.

Lagu milik Jungkook menjadi berbeda dari lagu penyanyi Korea karena liriknya keseluruhan menggunakan bahasa Inggris. Kontennya pun dinilai sangat eksplisit, membuatnya terdengar familiar dengan lagu-lagu hip hop yang biasa dirilis di Amerika Serikat.

Seven sukses memecahkan sejumlah rekor di Spotify. Lagu ini menempati posisi pertama di tangga lagu Global Top Songs setelah menembus angka 15,9 juta pendengar di Spotify dalam satu hari rilis. SEVEN menempati posisi ketiga, sementara pemegang ‘tahta’ dipegang oleh Taylor Swift dengan dua lagunya, Anti Hero dan Lavender Haze.

Penyanyi kelahiran 1 September 1997 ini juga menjadi musikus pria pertama yang melampaui 15 juta pendengar baru di Spotify dan (lagi-lagi) yang kedua setelah Taylor Swift. Seven milik golden maknae BTS itu juga tercatat sebagai lagu pertama dari penyanyi solo K-pop yang berhasil duduk di puncak Global Top Songs Spotify.

Lagu Seven bahkan menaikkan nama rapper Amerika Latto yang menyumbangkan bait-bait rap di lagu ini. Banyak orang yang mungkin belum akrab dengan nama penyanyi rap perempuan itu meskipun Latto sudah mengukir prestasi dengan menjadi pemenang kompetisi The Rap Game.

Yang menambah pesona lagu ini adalah penampilan langsung Jungkook di atas panggung Summer Concert Series dalam acara Good Morning America (14/7/2023) yang menandai debutnya secara global. Jungkook sukses memukau para penggemar dengan suara khasnya dan koreografi atraktif Seven—yang kini juga mulai viral.

Lagu debut solo Jungkook ini juga memuncaki lagu di iTunes Top Songs di 106 negara di dunia termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Tak hanya di Spotify, Seven juga memuncaki tangga lagu digital harian Oricon di Jepang dan mencapai nomor satu Top Melon, dan tangga lagu realtime lain di Korea Selatan.

Keberhasilan Seven milik Jungkook tidak terlepas dari mendunianya BTS. Grup beranggotakan tujuh personel ini memang berhasil membuktikan bahwa K-pop bisa diterima dengan sangat baik di dunia internasional.




Teaser “Nightmares and Daydreams” Resmi Dirilis, Mengintip Dunia Misterius dari Kacamata Joko Anwar

Sebelumnya

Nobar Film Dua Hati Biru, Keluarga Kita Ingatkan Pentingnya Ilmu Parenting Bagi Penanaman Karakter Anak Sejak Dini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment