Ilustrasi Ibu dan Anak/ net
Ilustrasi Ibu dan Anak/ net
KOMENTAR

PERKEMBANGAN otak buah hati dipengaruhi dari lama waktu saat ibu menyusui. Di Indonesia, bayi yang baru lahir akan diberi Air Susu Ibu hingga berumur di bawah dua tahun. Namun di Eropa, ASI tetap diberi meski anak sudah berusia lebih dari dua tahun.   

Dalam sebuah studi, jurnal Archives of Disease in Childhood dijelaskan perolehan nilai yang cukup baik di sekolah rata-rata anak yang disusui lebih lama. Dibanding anak yang tidak disusui dalam waktu lama, atau bahkan tidak mendapatkannya sama sekali.

"Penelitian ini melibatkan 5 ribu anak-anak Inggris sejak bayi yang dimulai tahun 2000-an lalu," kata salah seorang peneliti di Unit Epidemiologi Perinatal Nasional di Oxdord University, Renee Pereyra-Elias.  

Penelitian berakhir saat bayi-bayi itu memasuki tahun terakhir sekolah menengah mereka.

Selama penelitian, dia menuturkan, anak-anak ditempatkan berdasarkan kelompok yang dibentuk. Masing-masing kelompok diberi nama lama mereka disusui dan tidak disusui oleh ibu mereka. 

"Kemudian membandingkan hasil tes anak-anak tersebut dalam ujian General Certificate of Secondary Education di Inggris pada tahun-tahun terakhir sekolah menengah mereka," ujarnya. 

Hal ini bisa terlihat pada nilai matematika dan bahasa Inggris yang memiliki nilai tinggi dan lulus ujian bagi mereka anak-anak yang disusui setidaknya selama 12 bulan.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family