Pernak-pernik Disneyland/Net
Pernak-pernik Disneyland/Net
KOMENTAR

SEORANG kolektor pernak-pernik Disneyland, Joel Magee akan segera melelang koleksi-koleksinya. Ada sekitar 1.500 item yang akan dilelang pada akhir bulan ini. Buat para penggila souvenir Disneyland jangan sampai terlewat untuk mengikuti lelangnya, karena koleksi Magee dijamin limited edition.

“Ini benar-benar menyenangkan. Ini adalah pertama kalinya semua barang saya berada di ruangan yang sama pada waktu yang sama. Semuanya akan saya lelang, setelah selama 30 tahun berhasil dikumpulkan,” kata Magee, seperti dikutip dari Associated Press.

Magee akan melelang koleksi-koleksi pribadinya di sebuah Gedung seluas 2.800 meter persegi di Burbank, California. Di antara barang yang akan dilelang adalah sebuah burung yang ada di Enchanted Tiki Room, burung hantu animasi dari Haunted Mansion, poster langka dan kendaraan seukuran aslinya dari wahana Dumbo dan Peter Pan.

Magee sendiri mengaku memiliki lebih dari 6.000 item koleksi. Hanya 1.500 item yang akan dilelang. Ia dikenal di industry barang koleksi sebagai ‘pramuka mainan’.

Ada banyak koleksi mainan dan item Disney yang dikumpulkan. Dulu, Magee mengaku seringkali menonton The Wonderful World of Disney lewat televisi. Tetapi, tidak sedikitpun ia pernah ke Disneyland dan berpikir untuk mengoleksinya.

Namun ketika dirinya berada di sebuah pertunjukan mainan, ia bertemu dengan seorang penjual artefak Disneyland. Kala itu, Magee tidak mmapu membeli terlalu banyak, hanya beberapa saja. Dan, itulah awal dari segalanya.

“Dalam perjalanan saya sebagai kolektor, saya bertemu orang-orang di seluruh negeri dan selama 25 tahun terakhir mereka membawakan saya semua barang,” ujar Magee.

Dan kali ini, barang-barang yang dijual berukuran kecil seperti kartu perdagangan dan sebesar mobil Van Model T 1917 dari Main Street asli Disneyland yang dibuat sendiri oleh Walt Disney.

Menurut Mike Van Eaton, pemilik galeri Van Eaton yang akan memandu pelelangan, barang-barang yang paling dicari adalah dari atraksi Haunted Mansion, termasuk lukisan peregangan asli dari lift dalam perjalanan ikonik dan doom buggy atau kendaraan yang dinaiki tamu.

“Magee memiliki salah satu koleksi poster atraksi Disney yang paling menakjubkan di dunia. Dia memiliki setiap poster atraksi yang pernah ada di taman. Beberapa dari barang-barang seperti kendaraan naik Dumbo akan dihargai 200ribu hingga 300ribu dollar AS. Sedangkan tong sampah dari tamah diharga sekitar 5ribu atau 6ribu dollar AS. Untuk poster bisa mencapai 50ribu hingga 60ribu dollar AS,” kata Van Eaton.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon