KOMENTAR

KABAR meninggalnya penyanyi Hongkong yang mendulang sukses di Amerika, Coco Lee mengejutkan para penggemarnya.

Penyanyi yang dikenal dengan lagu Reflection yang menjadi OST Mulan versi bahasa Mandarin itu diketahui meninggal dunia pada 5 Juli 2023 akibat bunuh diri, setelah sebelumnya sempat berada dalam kondisi koma selama satu minggu.

Dua saudara perempuannya, Nancy dan Carol menyebutkan bahwa Coco Lee telah berjuang melawan depresi selama bertahun-tahun.

Terlahir dengan nama Ferren Lee di Hong Kong pada 17 Januari 1975, Coco disebutkan telah berusaha menggapai pertolongan profesional untuk mengobati depresinya. Namun sayang, ia akhirnya memilih bunuh diri untuk mengakhiri penderitaannya.

Banyak fans yang tidak percaya mendengar kabar duka itu. Bagi mereka, Coco adalah sosok penyanyi energik yang memiliki suara menggelegar dan senyum yang selalu merekah di atas panggung.

Ketika banyak penggemar bersedih, tak sedikit pula yang mengulik masalah kesehatan mental yang disebutkan keluarganya.

Penelitian Hong Kong University pada Mei lalu menunjukkan bahwa 16 persen warga berumur 15-24 tahun memiliki setidaknya satu dari lima gangguan kesehatan mental. Mulai dari kecemasan, gangguan panik, bipolar, gangguan psikotik, hingga depresi.

Diketahui bahwa hampir seperlima dari 3.000 responden penelitian tersebut berpikir untuk bunuh diri, bahkan beberapa persen dari seperlima responden itu sudah pernah mencoba melakukannya.

Kematian Coco Lee juga menyebabkan Tagar #howclosedepressionisnearyou atau #symptomsofdepression telah menjadi tren di berbagai platform online di China. Media pemerintah seperti CCTV, People's Daily, dan China Daily juga mengeluarkan konten untuk meningkatkan kesadaran orang akan depresi dan penyakit mental.

"Orang-orang merasakan bahwa ini tampaknya menjadi masalah yang makin mendesak," kata Dr Jia Miao, asisten profesor sosiologi di Shanghai New York University, seperti dilansir BBC.




Debut sebagai Sutradara, Baim Wong Rilis Poster Film Lembayung

Sebelumnya

Perankan Ara, Quinn Salman Siap Memikat Hati di Panggung Musikal Keluarga Cemara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment