Salon harus tutup paling lambat 27 Juli 2023/CNN
Salon harus tutup paling lambat 27 Juli 2023/CNN
KOMENTAR

TALIBAN memberi batas waktu satu bulan untuk menutup semua salon kecantikan yang ada di Afghanistan.

Pemimpin Taliban memperluas aturan represif mereka terhadap perempuan, yang sebagian besar sudah terkurung di rumah dengan larangan untuk menempuh pendidikan tinggi dan bekerja di sejumlah sektor publik.

Penutupan salon kecantikan semakin mengurangi kebebasan perempuan sekaligus memberikan pukulan ekonomi yang keras bagi keluarga yang mengandalkan mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Seorang pemilik salon di Kabul, yang tidak ingin disebutkan namanya karena alasan keamanan, mengatakan kepada CNN bahwa dia belum menerima pemberitahuan tertulis tentang perintah tersebut, dan itu sangat mengejutkannya.

“Suami saya menganggur dan salon kecantikan ini adalah satu-satunya cara untuk memberi makan keluarga. Saya punya empat anak. Mereka membutuhkan makanan, pakaian, dan biaya sekolah,” katanya.

“Saya tidak mengerti mengapa salon kecantikan harus dilarang. Tidak ada perempuan yang memamerkan wajahnya dengan makeup di luar. Mereka sudah mengenakan jilbab di depan umum. Langkah ini tidak hanya akan menghilangkan pendapatan begitu banyak keluarga, tetapi juga akan semakin merampas hak dan kebebasan perempuan.”

Mohammad Sidik Akif Mahajar, juru bicara Kementerian Dakwah dan Pencegahan Kejahatan, memberi pernyataan kepada CNN bahwa perintah tersebut telah diberikan pada 24 Juni, agar semua salon kecantikan tutup pada 27 Juli.

Sejak mengambil kembali kendali negara itu pada Agustus 2021, menyusul penarikan Amerika Serikat dan sekutunya secara serampangan, Taliban telah memutar mundur kemajuan hak asasi manusia selama beberapa dekade.

Menurut sebuah laporan baru-baru ini oleh para ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa, Taliban telah melakukan pelanggaran sistematis yang mengerikan terhadap hak-hak perempuan, dengan membatasi akses mereka ke pendidikan dan pekerjaan serta kemampuan mereka untuk bergerak bebas di masyarakat.

Laporan PBB yang dirilis bulan lalu disusun setelah kunjungan selama seminggu ke Afghanistan oleh Richard Bennett, Pelapor Khusus untuk situasi hak asasi manusia di Afghanistan, dan Dorothy Estrada-Tanck, yang memimpin kontingen dari kelompok kerja tentang diskriminasi terhadap perempuan. dan perempuan.

Dalam laporan disebutkan, perempuan dilarang bekerja di sebagian besar sektor di luar rumah, dan dilarang menghadiri pemandian umum, taman, dan pusat kebugaran. Mereka harus mengenakan pakaian hitam longgar yang menutupi wajah mereka, dan mereka tidak diizinkan meninggalkan rumah tanpa alasan, itupun tidak tanpa wali laki-laki.

Laporan depresi dan bunuh diri tersebar luas, laporan itu menemukan, terutama di kalangan gadis remaja yang dicegah untuk mengejar pendidikan.

Pembatasan yang diberlakukan di luar rumah dan kesulitan ekonomi telah mengakibatkan "ketegangan yang signifikan" di dalam rumah dan peningkatan kekerasan dalam rumah tangga juga meningkatnya angka pernikahan paksa anak perempuan.




Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Sebelumnya

Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News