KOMENTAR

BERITA tentang isu perselingkuhan sejumlah selebritas wara-wiri di lini masa media sosial. Mau tidak mau, mata kita menangkap informasi yang menyebutkan sejumlah pasangan artis yang sedang dilanda masalah rumah tangga.

Banyak dari kita berpikir, dengan kehidupan mereka yang berkecukupan dan popularitas yang digenggam, bukankah jauh lebih membahagiakan bila waktu dihabiskan untuk keluarga tercinta?

Mengutip @rumahbelajarislam, ada 4 (empat) amalan yang harus dilakukan pasangan suami istri nonstop setiap hari. Empat amalan ini bisa kita sebut dengan rumus 3T + 1S. Apa saja?

Pertama, Tafahum alias saling memahami.

Tanpa saling memahami, maka keseharian suami istri akan dipenuhi buruk sangka dan rasa tidak percaya. Suami mudah menuduh istri, begitu pun sebaliknya. Komunikasi yang sehat harus dibina agar saling memahami bisa tumbuh subur.

Kedua, Tasamuh alias saling memaklumi.

Dengan memaklumi kelebihan dan kekurangan pasangan, juga memaklumi kesibukannya, suami istri akan bisa melihat sebuah peristiwa atau persoalan dari sudut pandang berbeda. Pasutri tidak mudah saling membenci hanya karena berbeda pendapat.

Ketiga, Ta’awun alias saling membantu.

Jika hanya satu orang yang berjuang untuk menjaga keutuhan dan kesejahteraan keluarga, sedangkan satu orang lainnya ‘menggerogoti’ perjuangan pasangannya, maka akan sulit untuk menjaga keutuhan cinta dan kasih sayang. Diperlukan kesadaran untuk saling membantu, hingga hal-hal kecil dalam rumah tangga, agar pasutri sama-sama tahu mereka peduli dan ingin meringankan beban pasangannya.

Keempat, Shabrun alias sabar.

Sudah pasti sabar adalah yang utama. Tanpa sabar, pernikahan bakal seumur jagung. Untuk bisa beradaptasi, menyesuaikan diri, memahami kekurangan orang lain, lalu hidup dengan kekurangan orang lain tersebut, semua membutuhkan kesabaran.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family