Menparekraf resmikan Festival Danau Sentani 2023/Kemenparekraf
Menparekraf resmikan Festival Danau Sentani 2023/Kemenparekraf
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi Festival Danau Sentani XIII 2023 yang digelar di tepi Danau Sentani, Jayapura, Papua pada Rabu (5/7/2023). Festival ini berlangsung pada 5-7 Juli 2023.

Festival Danau Sentani yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Jayapura adalah festival pariwisata tahunan yang dilaksanakan di sekitar Danau Sentani, Khalkote, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Festival tersebut melibatkan masyarakat dalam berbagai pertunjukan seni tari dan budaya khas Suku Sentani. Menurut Menteri Sandi, momentum ini tak hanya menjadi pesta rakyat tapi juga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, sekaligus ajang pelestarian seni budaya lokal agar berkelanjutan.

“Kita lihat kearifan masyarakat dengan budaya dan juga atraksi menghias perahu. Dan begitu banyak masyarakat yang terdampak dan UMKM yang bergerak dari perhelatan event ini,” ujar Menparekraf.

Festival dibuka dengan Tari Isololo yang dibawakan 250 penari dari 10 kampung. Tarian ini dilakukan di atas perahu yang dihias. Tari Isololo biasanya dilaksanakan atas perintah dan restu dari Ondoafi yang merupakan pemimpin adat asli Sentani.

Menparekraf memberikan usulan untuk pelaksanaan Festival Danau Sentani tahun depan untuk lebih melibatkan para wisatawan dalam negeri maupun yang datang dari mancanegara.

“Mungkin tahun depan diberi kesempatan atau dilombakan, para wisatawan diajak naik ke atas perahu dan dipersilakan mengikuti prosesi adat. Diharapkan para wisatawan mendapatkan pengalaman dan kenangan yang mengesankan. (Dengan melibatkan wisatawan) Diharapkan target penciptaan lapangan kerja sesuai arahan Presiden Jokowi yaitu 4,4 juta lapangan kerja tahun 2024 bisa kita capai,” ujar Menteri Sandiaga.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News