KOMENTAR

MELAKUKAN wawancara kerja merupakan satu tahapan super penting yang bisa menentukan apakah kita diterima atau ditolak untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Di media sosial, kita melihat banyak tips yang diberikan untuk bisa lolos wawancara kerja yang tergolong tricky tersebut.

Salah satu tips datang dari Menteri BUMN Erick Thohir. Seperti diketahui, Erick adalah seorang pengusaha papan atas Tanah Air sebelum akhirnya dipilih Jokowi menjabat Menteri.

Pada akhir wawancara kerja, pihak perusahaan biasanya akan mengatakan “apakah ada yang ingin Anda tanyakan?” kepada pelamar. Terkait hal itu, Menteri BUMN punya tips cemerlang.

“Tanyakanlah kepada perusahaan, ‘kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira-kira apa saja yang perlu saya lakukan?’” kata Erick.

Pertanyaan yang kita ajukan itu seolah menegaskan bahwa kita memiliki banyak keahlian dan pilihan terbaik yang bisa dipekerjakan oleh perusahaan. Tapi menurut Erick, efek pertanyaan itu sebetulnya jauh lebih dahsyat.

“Pertanyaan itu bisa membuat efek unik terhadap diri kamu. Orang yang mewawancarai kamu akan memvisualisasikan kamu sedang bekerja di perusahaannya. Hal itu bisa memberi keuntungan lebih untuk kamu dibandingkan pelamar lainnya. Karena kamu memposisikan diri kamu sebagai yang terbaik dari para pelamar lainnya,” ujar Erick, seperti diunggah di Instagram @erickthohir.




Baru Memulai Bisnis UMKM, Ini Manajemen Keuangan yang Bisa Kamu Lakukan

Sebelumnya

Bikin Suasana Tidak Nyaman, Ini 3 Ciri ‘Agak Laen’ Orang yang Overconfident

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family