KOMENTAR

ADA godaan untuk terus-menerus dekat pada keindahan dunia. Karena memang begitulah tantangan kita sebagai hamba Allah yang beriman.

Manusia yang memiliki kelemahan harus siap menghadapi godaan dari kanan, kiri, depan, dan belakang untuk menjadi hamba yang tidak bersyukur bahkan menjadi hamba yang kufur (ingkar).

Godaan tanpa henti itu memang sesuai dengan janji iblis yang tertera dalam surah Al-Hijr ayat 39 yang artinya, Iblis berkata, “Aku akan menjadikan mereka (manusia) memandang indah perbuatan maksiat di muka bumi. Dan aku pasti akan menyesatkan mereka semua kecuali hamba-hamba Engkau yang Mukhlis.”

Mukhlis diartikan sebagai hamba Allah yang Ikhlas, yang beriman dan beribadah semata karena Allah Swt.

Agar mampu menjadi muslim yang mukhlis, seseorang mestilah mampu menghalau segala godaan, termasuk hawa nafsunya sendiri yang kerap mengajak kepada maksiat.

Untuk itulah Islam telah mengajarkan cara terbaik untuk umatnya agar bisa menaklukkan diri sendiri. Setidaknya empat hal inilah yang bisa kita lakukan.

Ketika kita sangat menyukai makanan lezat, mulailah untuk berpuasa.

Ketika kita banyak tidur, mulailah bangun di sepertiga malam untuk Tahajud

Ketika kita bekerja keras demi mendapat banyak uang, mulailah untuk bersedekah lebih banyak

Ketika kita menyukai musik, mulailah mendengarkan Al-Qur’an

Karena kecintaan kita kepada dunia seharusnya tidak mengalahkan kecintaan kita kepada Allah Swt.

Tak ada yang mengatakan semua itu adalah hal yang mudah. Karena dalam setiap detik dan hela napas manusia, selalu ada bisikan yang membuat kita menjauh dari perintah Allah.

Untuk bisa mengendalikan diri sendiri, tak perlu banyak berpikir. Mulailah dari sekarang. Mulailah dari hal kecil.

Dan ingatlah selalu bahwa tidak ada seorang pun yang akan hidup selamanya di dunia. Maka persiapkanlah bekal dari sekarang.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur