Jubir Departemen Keamanan Dalam Negeri & Departemen Kesehatan Arab Saudi/ANTARA
Jubir Departemen Keamanan Dalam Negeri & Departemen Kesehatan Arab Saudi/ANTARA
KOMENTAR

KEMENTERIAN Keamanan Dalam Negeri Arab Saudi melalui Juru Bicara Kolonel Talal bin Shalhoub menegaskan pihaknya memastikan keamanan dan keselamatan jemaah haji selama berada di Mina dan beribadah di Masjidil Haram.

“Jemaah haji telah diantar ke tempat-tempat suci setelah mereka ke Mina untuk melempar jumrah dan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf ifadah,” jelas Jubir Talal, Kamis (29/6/2023).

Kolonel Talal meminta jemaah haji mematuhi peraturan mobilitas dan rute yang telah ditentukan, juga tetap tenang dalam menjalankan ibadah pada tiga hari Tasyrik di situs Jamarat Mina dan di Masjidil Haram.

Sedangkan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Dr. Mohammed Al-Abd Alali mencatat bahwa pelayanan kesehatan terpadu di Arafah dan Muzdalifah telah beroperasi dengan baik.

Sebanyak 215.000 jemaah selama haji tahun ini telah mendapat pelayanan medis termasuk perawatan untuk lebih dari 4.000 pasien. Rumah sakit virtual bahkan telah memberikan lebih dari 3.500 layanan menggunakan teknologi terbaru.

Tim kesehatan juga menangani 6.700 gangguan kesehatan akibat cuaca panas, termasuk 2.200 orang dengan 261 di antaranya adalah kasus tersengat matahari.

Karena itulah tim medis mengimbau jemaah haji untuk selalu berhati-hati dan menghindari paparan sinar matahari, beristirahat dengan cukup, mematuhi petunjuk otoritas kesehatan, serta menjaga standar kebersihan yang tinggi, termasuk menutup mulut dan hidung.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News