Buah ceri/Net
Buah ceri/Net
KOMENTAR

BUAH ceri sering kali menghiasi kue-kue manis kesukaan Anda. Bukan hanya sebagai hiasan, ternyata ceri juga bisa dinikmati secara langsung atau menjadi teman makan yoghurt. Ceri ternyata kaya kandungan nutrisi yang dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Memiliki nama latin Prunus cerasus L dan Prunus avium L, buah ceri memiliki antioksidan melatonin yang mempunyai efek menenangkan, mengurangi insomnia, mengurangi stres dan sakit kepala, serta dapat membantu mengontrol emosi. Antosianin dalam ceri tidak hanya sebagai sumber antioksidah, namun juga berperasn sebagai agen antiinflamasi.

Buah ini juga merupakan sumber alami vitamin A yang dapat membantu mendukung hidrasi alami kulit dan vitamin C yang memainkan peranan penting dalam sintesis kolagen. Vitamin C juga dapat membantu memerangi efek yang dapat ditimbulkan oleh sinar UV pada kulit, yang sangat penting di musim panas seperti sekarang.

Mengutip Well and Good, ada beberapa olahan ceri manis yang bisa dibuat sebagai nutrisi alami tubuh.

  • Chocolate Cherry Smoothie. Mulai pagi di musim panas dengan chocolate cherry smoothie. Campurkan yoghurt Yunani dan biji chia yang menawarkan energi untuk memulai hari. Tambahkan dengan manisnya ceri untuk memberikan perpaduan warna yang canti dan kaya akan rasa.
  • Sweet cherry salsa. Tambahkan salsa untuk memberikan cita rasa yang kaya pada makanan, seperti ikan. Padukan dengan keripik, buah, dan sayuran seperti bawang merah, paprika, bawang putih, jalapeno, dan ceri.
  • Sweet cherry bruschetta. Coba roti bruschetta untuk teman makan malam. Berikan sentuhan menyenangkan dan penuh warna dengan buah ceri, jeruk nipis, serta daun ketumbar. Makanan ini sangat kaya antioksidan dan mencerahkan kulit.
  • Grilled wild salmon dengan ceri dan bawang bombay. Tambahkan sepotong salmon dengan chutney ceri manis. Padukan dengan jahe yang dikemas dengan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak. Berikan pula cuka anggur merah yang mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan kulit. Selain salmon, saus ini bisa disimpan untuk membuat dada ayam panggang, sandwich sayuran, atau salad cincang renyah.
  • Sweet cherry pie. Camilan ini menjadi cara lama untuk menikmati sepotong ceri. Saat ceri dimasak, jusnya terlepas dan berkurang, sehingga menciptakan rasa manis alami yang dipadukan dengan gula tambahan secukupnya.

Olahan terakhir adalah sweet cherry citrus punch, minuman segar berbahan dasar jeruk yang kemudian ditambahkan ceri sebagai pengaya rasa, mampu menghidrasi tubuh di musim panas ini.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health