KOMENTAR

BEKERJA dari rumah kini menjadi impian banyak perempuan berstatus ibu. Banyak para ibu membayangkan asyiknya bekerja di rumah karena tidak perlu meninggalkan si buah hati, terlebih jika usia anak masih kecil.

Tapi satu hal yang mesti dipahami, bekerja dari rumah tidak serta merta menjadi menyenangkan untuk dilakukan. Jika kita tidak memiliki manajemen waktu yang baik, bekerja dari rumah justru menjadi hal melelahkan.

Bagi ibu bekerja yang melakukan work from office, suasana kantor yang notabene beratmosfer “target oriented” jelas memacu untuk bekerja dengan fokus.

Berbeda ketika para ibu memilih bekerja dari rumah, urusan rumah dan urusan pekerjaan yang campur-aduk justru membuat sulit fokus dan sulit untuk menyelesaikannya dengan baik.

Jadi, bagaimana agar bekerja dari rumah bisa seefektif bekerja dari kantor?

Ada dua hal yang harus para bunda perhatikan.

Pertama, luangkan waktu terlebih dahulu untuk menyelesaikan urusan rumah tangga. Mulai dari menyiapkan masakan untuk makan siang dan makan malam, memastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi, juga menyelesaikan cucian dan setrikaan. Dan bagi bunda yang memiliki anak balita, luangkan waktu untuk bermain bersama si kecil lebih dulu. Pastikan pula kebutuhan si kecil sudah disiapkan.

Dengan begitu, bunda akan bisa mulai bekerja dengan pikiran tenang dan bisa fokus bekerja.

Kedua, membuat perencanaan. Sekalipun kita bekerja dari rumah, entah sebagai pekerja atau menggeluti wirausaha, kita tetap harus membuat perencanaan. Jadwalkan waktu bekerja, waktu istirahat, dan tetapkan durasi “office hour” agar orang tahu kapan bisa menghubungi untuk urusan pekerjaan.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family