Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno merasa yakin bahwa pariwisata dapat mendongkrak percepatan capaian Sustainable Development Goalds (SDGs) yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia.

Dalam G20 Tourism Ministerial Meeting di Goa India pada Rabu (21/6/2023), Menparekraf menyatakan bahwa SDGs ditargetkan untuk tercapai pada tahun 2030. Dengan sisa waktu kurang dari 7 tahun, Sandiaga optimis pariwisata mampu berperan penting untuk mencapai 17 tujuan SDGs tersebut.

Indonesia menyatakan dukungan penuh untuk lima bidang prioritas dalam Goa Roadmap yaitu pariwisata hijau, digitalisasi, peningkatan keterampilan, UMKM pariwisata, dan pengeloaan destinasi wisata. Kelimanya sejalan dengan line of actions dalam Bali Guidelines yang dibahas saat Presidensi G20 Indonesia.

Untuk lima prioritas tersebut, Indonesia telah memiliki sejumlah program unggulan seperti destinasi pariwisata berkelanjutan, desa wisata, carbon footprint, juga berbagai aksi hijau mulai dari energi baru terbarukan, transportasi hijau, hingga pengelolaan air.

“Goa Roadmap sangat penting untuk menumbuhkan komitmen bersama dan mengidentifikasi panduan penting untuk bisa berkontribusi efektif demi misi (SDGs) ini,” ujar Menteri Sandiaga.

Tak hanya soal destinasi wisata, Menparekraf juga berbicara tentang ekonomi kreatif.

“Indonesia siap bekerja sama dengan seluruh negara di dunia untuk menggalang pendanaan agar lebih memajukan maksud an tujuan forum G20,” pungkas Menparekraf.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News