Dok. Kemenag RI
Dok. Kemenag RI
KOMENTAR

KEMENTERIAN Agama RI menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada 29 Juni 2023.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi usai memimpin Sidang Isbat Awal Dzulhijjah yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag Jakarta, Minggu (18/6/2023). Wamenag RI juga didampingi Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sidang isbat juga dihadiri perwakilan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), Mahkamah Agung, juga sejumlah duta besar negara sahabat, perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung, Planetarium, Pondok Pesantren dan Ormas Islam.

Sidang isbat menyepakati keputusan tersebut berdasarkan dua hal.

Pertama, laporan Direktur Urusan Agama Islam tentang ketinggian hilal di seluruh Indonesia sudah berada di atas ufuk, namun masih berada di bawah kriteria imkanur rukyat yang telah ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Kedua, Kemenag telah melaksanakan pemantauan alias rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Dari total 34 provinsi di Tanah Air, tidak ada satu pemantau pun yang menyaksikan hilal.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News