KOMENTAR

OVERWHELMED merupakan suatu kondisi psikologis yang menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir secara lebih rasional untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas tertentu. Dalam bahasa Indonesia, overwhelmed diartikan dengan “kewalahan”.

Mengutip laman Veriwell Mind, hampir setiap orang pernah merasakan overwhelmed dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika sedang dihadapkan pada banyak tugas, masalah, maupun tekanan dari lingkungan sosial.

Kondisi tersebut biasanya dianggap normal, bahkan dapat memicu sistem otak untuk bekerja lebih produktif. Namun overwhelmed yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental dan fisik seseorang.

Sejatinya manusia tidak perlu menyangkal dan merasa baik-baik saja saat kesulitan menghampiri. Karena semua perasaan memang perlu divalidasi. Jika kamu merasa tertekan, kamu bisa mengambil langkah mundur atau berhenti sejenak.

Simak yuk, empat cara self-care sederhana berikut agar kamu kembali termotivasi.

1. Akui Perasaan Cemas dan Stres yang Kamu  Rasakan

Kita pasti pernah merasakan perasaan yang flat seperti mati rasa, saat situasi menjadi lebih suram. Perasaan semacam ini nggak perlu dihindari, penting untuk mengakui rasa “flat” tersebut memang nyata.

“Saya melihat peningkatan stres dan kekhawatiran tentang keuangan, karena krisis biaya hidup benar-benar semakin tinggi,” kata Natasha Silverman, seorang terapis di layanan konseling Relate, melansir Stylist.

Ia menyarankan untuk bersikap baik pada diri sendiri dan akui bahwa kamu sedang berjuang sehingga kamu bisa lebih memahami dan mengurus diri sendiri dengan lebih baik. Perbaiki suasana hati dan peduli kesehatan mental kamu sebaik mungkin.

2. Luangkan Waktu untuk Meditasi

Meditasi melibatkan fokus dan perhatian pada sesuatu yang spesifik, seperti napas, suara, atau sensasi di tubuh kita. Hal ini bisa membantu kamu menjadi lebih sadar dan membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Apabila kamu baru mulai untuk melakukan rutinitas meditasi, kamu bisa menemukan tutorial meditasi di situs berbagi video online atau atur timer selama 5 hingga 10 menit. Saat kamu melakukan meditasi, rasakan semua perasaan yang ada dan biarkan semua pikiran berlalu tanpa penolakan apapun.

3. Kunjungi Galeri Kreatif

Pertimbangkan berbagai cara untuk menyalurkan kreativitas yang kamu punya, seperti kesenian, menulis, menari, musik, atau bahkan akting. Melansir dari situs Choosingtherapy, studi menunjukkan bahwa jenis saluran kreatif ini akan menurunkan tingkat stres yang kamu punya.

Sisihkan waktu satu kali dalam seminggu untuk terhubung dengan sisi kreatif kamu untuk mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Bukan rahasia lagi bahwa apa yang kita makan akan mempengaruhi perasaan kita. Saat kamu mulai merasa overwhelmed, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan pastikan kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama makanan yang akan memberikan kamu energi, seperti camilan berprotein tinggi dan makanan penambah energi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana untuk memperbaiki kondisi overwhelmed yang mungkin saja saat ini kamu alami? Semoga cara-cara sederhana ini bisa membantu melewati masa-masa sulit dan berhasil membuat kamu bangkit menjadi sosok yang lebih baik.




Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Sebelumnya

Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family