KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa turunnya harga tiket pesawat jelang masa libur sekolah bisa mempercepat kebangkitan sektor parekraf.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa terjadi deflasi komoditas harga tiket pesawat setelah Idul Fitri April 2023. Turunnya harga tiket berlaku pada seluruh penerbangan di Indonesia, termasuk ke sejumlah destinasi wisata. Harga tiket tidak melebihi Rp1 juta.

“Tekanan inflasi tarif angkutan udara secara year-on-year tampak terus turun dalam beberapa bulan terakhir,” kata Menparekraf dalam keterangannya (14/6/2023).

Kondisi tersebut menurut Menteri Sandiaga harus dimanfaatkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Penurunan harga patut dimanfaatkan oleh pelaku parekraf di Indonesia untuk menawarkan paket perjalanan yang unik dan menarik dengan harga terjangkau. Apalagi dalam waktu dekat kita masuk masa liburan sekolah, akan banyak wisatawan mengajak keluarga bertamasya,” jelas Menparekraf.

Menteri Sandiaga juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan libur sekolah untuk berwisata ke berbagai destinasi wisata di Tanah Air. Dengan demikian, bisa mencapai target 1,2-1,4 miliar perjalanan wisata tahun 2023.

Kemenparekraf terus menggalang kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk menghadirkan paket-paket wisata menarik di dalam negeri. Hasil kerja sama tersebut diharapkan dapat mengakselerasi kebangkitan ekonomi kreatif.




Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sebelumnya

Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News