Logo HUT ke-78 RI/Ist
Logo HUT ke-78 RI/Ist
KOMENTAR

SEKRETARIAT Negara secara resmi meluncurkan logo HUT Ke-78 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023. Tidak hanya logo, tema yang diambil untuk perayaan kemerdekaan tahun ini pun diungkap, yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Tema dan logo ini telah diresmikan oleh panitia nasional kemerdekaan RI yang dikoordinasi langsung dengan Sekretariat Negara, dengan mengeluarkan identitas tunggal yang akan digunakan sebagai identitas nasional terkait semua kegiatan perayaan HUT RI.

Lalu, apa filosofi yang terkandung dari logo dan tema yang diambil tersebut? Yuk, simak beberapa fakta ini, ya!

1. Maju bersama menggelorakan semangat perjuangan

Terus Melaju untuk Indonesia Maju menjadi tema besar yang merepresentasikan bahwa digrahayu Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk maju bersama menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Layaknya olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, harmonisasi, kolaborasi, dan sinkronisasi dari irama, gerak, dan energi serta pikiran untuk mencapai satu tujuan.

2. Menyiratkan tegas, stabil, dan lugas

Karakter visualnya meyiratkan rasa tegas, stabil, dan lugas, serta merefleksikan gelora semangat perjuangan sebagai energi gerak progresif. Melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab dalam bersikap untuk menghadapi persaingan global dalam memproduksi SDM yang unggul.

3. Tongkat estafet = Teruskan

Melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong demi Indonesia maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, dan satu bangsa.

4. Angka 7 = Terus Melaju

Angka 7 berbentuk garis panah ke atas, yang artinya bergerak maju dengan laju yang progresif menuju Indonesia maju.

5. Angka 8 = Keberlanjutan

Proses pembangunan yang terus berlanjut dan tidak berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia maju.

6. Bulat pada angka 8 = Globalisasi

Merepresentasikan pola pikir global, pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Elemen grafis berasal dari dua bentuk logo kemerdekaan RI, yaitu garis padat dan lima garis kolektif. Elemen garis diciptakan untuk memperkuat gagasan estafet dan atletik yang merefleksikan sifat tanggung jawab bersama untuk keberlanjutan pembangunan menuju Indonesia Maju.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News