Warga Desa Poco Dedeng, NTT begitu senang dengan pembangunan Masjid Al-Kahf yang memiliki konsep smart mosque/Ist
Warga Desa Poco Dedeng, NTT begitu senang dengan pembangunan Masjid Al-Kahf yang memiliki konsep smart mosque/Ist
KOMENTAR

KAMPANYE #PerjalananBerKahf untukmengajak masyarakat terus berbagi keberkahan dan menebar kebaikan bagi lingkungan untuk kebermanfaatan bersama, terus berjalan hingga ke Desa Poco Dedeng, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam perjalanannya itu, Kahf secara resmi mendirikan Masjid Al-Kahf.

Masjid Al-Kahf didirikan di atas tanah seluas 9x9 meter. Ini adalah masjid pertama yang mendapat program bantuan renovasi dan pembangunan ulang yang sudah dimulai sejak 22 Maret 2023.

Al-Kahf dibangun dengan konsep smart mosque yang menggunakan solar panel untuk mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan keberlanjutan masyarakat. Konsep smart mosque ini memiliki desain yang memaksimalkan alam sekitar dan membuat masjid lebih ramah lingkungan.

Desain masjid dirancang agar interior tetap terang tanpa menggunakan lampu di siang hari, sirkulasi udara di dalam masjid tidak panas, serta penampungan air lebih mudah pada saat hujan. Selain itu, peralatan di masjid juga merupakan hasil daur ulang sampah packaging produk Kahf. 

Progres pembangunan Masjid Al-Kahf/Ist

“Alhamdulillah, Kahf bersama Yayasan Masjid Nusantara telah menyelesaikan 1 dari 3 target pembangunan masjid pada kampanye #PerjalananBerKahf. Peresmian Masjid Al-Kahf ini menjadi wujud nyata konsistensi Kahf dalam memberikan kontribusi positif dan bermanfaat bagi lingkungan,” kata Billy Dharmawan Goputra, Brand Manager Kahf.

“Dengan diresmikannya Masjid Al-Kahf ini, kami berharap dapat menjadi tempat ibadah yang nyaman dan layak untuk masyarakat Desa Poco Dedeng, Nusa Tenggara Timur. Setelah ini, kami akan melanjutkan #PerjalananBerKahf untuk program renovasi dan pembangunan masjid di 2 daerah berikutnya,” lanjut Billy.

Sementara itu, Direktur Yayasan Masjid Nusantara Pras Purworo mengatakan, untuk meningkatkan kemakmuran dan sarana ibadah bagi muslim pelosok pihaknya sangat mengapresiasi Kahf yang telah menginisiasi kampanye #PerjalananBerKahf dengan merenovasi masjid di daerah terpencil Indonesia.

Mengikuti proses pembangunan Masjid Al-Kahf hingga diresmikan, menjadi sebuah perjalanan yang penuh berkah. Harapannya, kampanye ini akan menjangkau lebih banyak daerah supaya semakin banyak muslim di pelosok yang memiliki tempat ibadah yang layak.

Kegiatan peresmian Masjid Al-Kahf dimulai dengan seremoni upacara adat, pengalungan, pemakaian selendang khas Manggarai, lalu ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng, penyerahan kunci secara simbolis, penandatanganan prasasti, dan doa bersama. Momen peresmian turut dihadiri oleh Perwakilan Kahf, Pontius Mudin selaku Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kementerian Agama (Kemenag) Manggarai Barat, Raymundus Pajar selaku Camat Lembor, Adhin Abdul Hakim selaku Presenter Jelajah Masjid Nusantara (JMN), serta warga Poco Dedeng.




AHY Dilantik Jadi Menteri ATR/Kepala BPN, Warganet Sorot Unggahan Annisa Pohan di Media Sosial

Sebelumnya

Urun-RI Tawarkan Kemudahan Permodalan bagi UMKM Halal Indonesia, Saatnya Pelaku Usaha & Investor Naik Kelas dan Go Global

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon