Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf
KOMENTAR

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memaparkan hasil kunjungan kerja ke Uzbekistan dan Bulgaria dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno (12/6/2023).

"Alhamdulillah saya menuntaskan tugas untuk menghadiri Halal Lifestyle Conference and Business Meeting di Tashkent juga menyambut rombongan dari Samarkand, yang juga merupakan bagian dari Halal Beyond Borders," kata Menparekraf Sandiaga tentang tugas yang diamanatkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin tersebut.

Tidak hanya menghadiri kegiatan tersebut, Menparekraf Sandiaga juga menjajaki kerja sama pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan berbagai pihak.

Salah satunya adalah kunjungan Menparekraf ke Human Lab and Medical untuk membuka peluang kerja sama dalam pengembangan wisata kesehatan (medical tourism). Menparekraf bersyukur karena Uzbekistan mempunyai komitmen yang sama untuk mengembangkan wisata kesehatan di Indonesia, begitu pula sebaliknya.

Menparekraf kemudian mengunjungi Islamic Civilization Center dan Masjid Tilla Syeikh yang bersejarah, menjadi tempat salat Presiden Soekarno saat kunjungan ke Uni Soviet.

Menparekraf bersama Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Uzbekistan, Ozodbek Nazarbekov kemudian membahas rencana kerja sama untuk menghadirkan prasasti. 

"(Prasasti) untuk memberikan penghormatan kepada proklamator kita yang juga menginisiasi restorasi makam Imam Al-Bukhari," kata Sandiaga. 

Menparekraf lebih lanjut melakukan pertemuan bilateral dengan Ozodbek Nazarbekov yang membahas berbagai hal. Mulai dari pertukaran budaya dan penerapan teknologi pariwisata, kampanye kolaborasi kerja sama pada bidang pemasaran, baik pariwisata dan ekonomi kreatif, fasilitas investasi, serta program pendidikan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Kami juga membahas persiapan Uzbekistan sebagai tuan rumah General Assembly UNWTO serta World Conference on Creative Economy (WCCE). Kami juga terus mempromosikan program Indonesia Spice Up the World dan mendorong penjajakan kerja sama dengan Uzbekistan Airways untuk menambah penerbangan dan harga kargo yang lebih kompetitif untuk produk ekonomi kreatif kita," ujar Sandiaga. 

Setelah dari Uzbekistan, Menparekraf Sandiaga melanjutkan kunjungan kerja ke Bulgaria dan bertemu dengan Menteri Pariwisata Bulgaria, Zarista Dinkova. Pertemuan itu menggali potensi kerja sama bukan hanya di bidang pariwisata tapi banyak sekali peluang di bidang ekonomi kreatif salah satunya Teh Kerinci. 

"Ia sangat mengenal teh dari Indonesia dan sebagai penggemar teh, dia menyukai teh dari Kerinci yang akan kita kembangkan di sana," pungkas Menparekraf.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News